Intip Peluang Usaha Bakery, Beneran Untung Tiap Hari?

 

Bakery shop dari depan
Bakery shop dari depan

CariUang - Peluang usaha bakery sangat tinggi lantaran hampir semua orang pasti suka makanan satu ini. Beberapa pemilik usaha bakery menjelaskan peminat roti biasanya berlangsung pada jenis-jenis tertentu. Hal ini membuat Kamu harus senantiasa kreatif.

Table of Contents
 

Bagaimana Cara Memulai Usaha Bakery?

Dalam mencari peluang usaha bakery Kamu juga harus memiliki hubungan dekat dengan konsumen. Hal ini bertujuan agar kedepannya usaha bakery rumahan memiliki pelanggan tetap. Berikut ini cara memulai usaha bakery rumahan agar untung terus:

1.Tentukan Target Penjualan

Menurut pemilik toko bakery atau roti, bisnis ini harus diketahui dulu siapa target penjualannya. Jadi nantinya Kita tinggal menyesuaikan strategi usaha yang bersangkutan agar bisa mengenai target penjualan sesuai dengan harapan. 

Siapa saja target penjualan usaha bakery rumahan? Berpedoman pada sejumlah ilmiah, target penjualan roti atau bakery rumahan meliputi anak-anak, remaja, dewasa dan lansia. Bisa dikatakan target penjualan mencangkup semua kalangan masyarakat. 

2. Membuat Perencanaan Matang

Setelah mengetahui siapa target penjualan, peluang usaha bakery akan meningkat jika perencanaan matang. Perencanaan meliputi modal usaha bakery, biaya operasional, hingga marketing. Berapa modal usaha bakery rumahan yang harus disiapkan? 

Berdasarkan perhitungan yang telah Aku lakukan, modal usaha bakery rumahan mulai dari 7-15 juta. Modal tersebut dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial pemilik usaha ataupun skala bisnis bersangkutan sehingga tidak terasa berat. 

3. Riset Pasar 

Kamu bisa melakukan riset pasar untuk menentukan produk jualan. Bagaimana cara riset pasar? Untuk melakukan riset pasar Kamu bisa wawancara dengan melibatkan sejumlah kalangan masyarakat. Apa tujuan dari riset pasar yang dilakukan?

Setelah riset dilakukan sediakan jenis bakery paling diminati
Setelah riset dilakukan sediakan jenis bakery paling diminati 

Riset pasar dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui selera masyarakat atau target penjualan terhadap produk roti rumahan. Dengan begitu Kamu bisa memenuhi kebutuhan dari konsumen. Dibutuhkan keahlian management bisnis agar cara ini lancar.

4. Membuat Produk dan Melakukan Pengembangan

Sejumlah pemilik usaha bakery rumahan menjelaskan bahwa setelah riset pasar dilakukan penting baginya untuk memulai pembuatan produk. Buat produk yang berpotensi laris manis sesuai dengan riset pasar tadi. 

Jika pembuatan bakery sudah dilakukan, Kamu wajib mengembangkan produk tersebut. Bagaimana cara mengembangkan produk? Mengembangkan produk bisa dilakukan dengan menguji rasa dari roti tersebut agar nantinya tidak mengecewakan pelanggan. 

5. Menyediakan Tester

Penjualan bakery atau roti rumahan dengan membuka lapak sendiri diharuskan menyediakan tester atau uji coba. Untuk apa tester perlu disiapkan? Tester pelu disiapkan dengan tujuan agar pembeli bisa merasakan roti rumahan tersebut. 

Dengan begitu nantinya bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum melakukan pembelian produk bakery. Cara ini sudah diterapkan oleh pengusaha Kyoko kue terkemuka sehingga tidak ada salahnya Kamu juga turut mengikutinya. 

6. Pemasaran

Sebagian bakery ruangan ada yang melakukan produksi saat terdapat pesanan saja. Tentu hal ini membuat keuntungan yang didapatkan terbatas. Agar hal tersebut tidak terjadi Kamu bisa melakukan pemasaran dengan memanfaatkan sosial media. 

Upload produk bakery rumahan pada platform tertentu sebagai bentuk iklan. Kamu juga bisa menitipkan roti-roti tersebut pada cafe, swalayan dan masih banyak lagi. Melalui cara ini keuntungan yang bisa Kamu dapatkan bisa stabil. 

Usaha bakery akan berjalan efektif jika jiwa enterpreneur melekat pada diri Kamu. Lakukan pengembangan dan ikuti segala trend agar usaha berjalan lancar. Latih jiwa enterpreneur dengan membaca artikel lain di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar