Cukup Mudah, Ini Cara Menjadi Blogger Pemula agar Cepat Sukses

 

Orang membuat blog
Orang membuat blog


CariUang
- Blog merupakan salah satu platform yang bisa dijadikan sebagai alternatif untuk menghasilkan uang. Menurut pengalaman ku pribadi, cara menjadi blogger pemula bisa dipelajari otodidak. Jadi semua orang bisa jadi blogger asal ada kemauan.

Table of Contents
 

Ragam Cara Menjadi Blogger Pemula

Untuk mewujudkan cita-cita sebagai seorang blogger dibutuhkan keahlian dalam bidang kepenulisan dan analisis hal trend. Kenapa harus pandai menulis? Pasalnya isi konten blogger berupa tulisan. Berikut ini cara menjadi blogger pemula paling mudah:

1. Menentukan Tujuan Menulis Blog

Langkah pertama yang wajib ditempuh oleh calon blogger pemula yaitu memiliki tujuan dalam membuat platform tersebut. Jadi untuk apa sih tujuan membuat blog itu? Banyak sekali tujuan membuat blog mulai dari untuk kepentingan bisnis hingga dokumen pribadi.

Tujuan biasanya juga kerap disangkutpautkan dengan gaji blogger pemula. Terlebih pasca pandemi kemarin banyak orang banting setir dengan mencari uang secara online. Tidak heran gaji blogger sering dijadikan sebagai tujuan dalam membuat platform itu. 

Berapa gaji blogger pemula? Berpedoman pada penelusuran sejumlah sumber, gaji blogger tingkat pemula mulai dari Rp 500.000 - Rp 5.000.000 per bulan. Gaji tersebut bisa mengalami peningkatan jika traffic dari blog selalu naik secara berkala. 

2. Pilih Jenis Blog

Cara menjadi blogger pemula yakni mampu mengenal dan mengetahui berbagai macam jenis blog. Pembuatan blog sebenarnya sangat mudah lantaran setiap jenis mempunyai ciri khas, kekurangan dan kelebihan masing-masing sebagai pertimbangan.

Wix menjadi platform blog yang cukup populer
Wix menjadi platform blog yang cukup populer


Apa saja jenis blog atau CMS yang bisa digunakan oleh pemula? Blogger.com, WordPress.com, Wix, Medium dan masih banyak lagi. Pilih CMS yang sekiranya paling Kamu kuasai sekaligus sukai. Hal ini bertujuan agar pembuatan konten mudah. 

Pilih domain yang mudah diingat oleh orang lain. Cara menjadi blogger pemula ini sudah banyak diterapkan oleh orang-orang termasuk Aku sendiri. Beberapa jenis domain meliputi .com, .id, .net, dan lain-lain. Setiap jenis punya kelebihan sendiri. 

3. Buat Blogger

Mewujudkan cita-cita sebagai blogger sukses dimulai dari tahapan ini. Bagaimana cara menjadi blogger lewat hp? Kamu hanya perlu mengunjungi Google chrome, kemudian ketik kata kunci berupa blogger login. Klik blogger login jika terdapat opssi tersebut. 

Ikuti semua tahapan mulai dari daftar akun, pembuatan kata sandi dan lain sebagainya. Apakah blogger login memiliki panduan sendiri? Menurut pengalaman sejumlah orang, pembuatan blogger telah dilengkapi dengan panduan tersendiri. 

Bagaimana jika Kau tidak mempunyai laptop sendiri? Kamu bisa menggunakan hp sebagai cara menjadi blogger pemula. Dulu waktu masih SMA Aku juga menggunakan hp sebagai alternatif menempuh pembuatan konten blogger pemula.

4. Pilih Template atau Desain Tampilan Blog

Hampir semua orang berpendapat bahwa membaca blog pasti hal utama yang disoroti adalah tampilan atau desain. Jadi bisa dipastikan bahwa blog Kamu akan laris manis jika tampilan atau desain blog menarik, unik, dan disukai oleh banyak orang. 

Tema blog
Tema blog


Bagaimana cara membuat tampilan blog yang menarik? Berdasarkan pengalamanku pribadi, pembuatan tampilan blog yang menarik bisa diupayakan dengan cara setting di menu pengaturan. Nantinya klik opsi tampilan atau tema, Kamu bisa klik bagian tersebut. 

Pilih tema yang tidak terlalu banyak elemen dan enak ketika dipandang. Pasalnya tema yang terlalu banyak elemen membuat blog tersebut susah dibuka. Menurut pengalamanku pribadi, tampilan sederhana bisa disesuaikan dengan tema konten. 

5. Tentukan Niche Konten

Sebelum menulis konten, cara menjadi blogger pemula harus memiliki tema khusus. Pembuatan tema atau niche konten sebenarnya untuk apa sih? Pembuatan Niche bertujuan untuk memudahkan pembaca setia dalam menemukan akun blog milikmu. 

Sebagai contoh ada orang yang butuh informasi mengenai makeup nantinya tinggal cari blog bersangkutan dengan Niche tersebut. Jadi bisa dipastikan bahwa cara menjadi blogger lewat ini memberikan banyak peran penting bagi perkembangan blog. 

Apa saja Niche konten yang paling disukai? Niche paling disukai mulai dari pendidikan, lifestyle, kuliner, otomotif, teknologi, wisata, dan masih banyak lagi. Pilih Niche paling Kamu kuasai agar proses pembuatan konten berjalan dengan optimal.

6. Pelajari Teknik SEO

Cara menjadi blogger pemula yang tidak boleh terlewatkan pasca mengetahui Niche konten yakni mempelajari teknik SEO. Apa itu SEO? SEO merupakan alternatif yang memudahkan konten Kamu ditemukan oleh banyak orang dengan ketik kata kunci. 

Teknik SEO
Teknik SEO


Dalam menempuh tahapan ini seorang calon blogger pemula wajib memahami cara riset keyword. Apa itu keyword? Keyword adalah kata kunci yang digunakan untuk memudahkan pencarian konten. Pelajari juga sistem backlink hingga soft seling

Bagaimana cara riset keyword yang benar? Riset keyword yang benar bisa diupayakan dengan memanfaatkan sejumlah situs ternama mulai dari SEMRush, Ubersuggest, dan lain sebagainya. Pastikan keyword yang Kamu ambil berkaitan erat dengan tema konten. 

7. Mulai Membuat Konten

Sejumlah blogger profesional menjelaskan, jika semua tahapan sudah dipersiapkan maka Kamu wajib memulai pembuatan konten. Bagaimana cara membuat konten yang baik dan benar? Membuat konten yang baik bisa dimulai dengan konsisten menulis.

Buat postingan untuk memulai menciptakan konten
Buat postingan untuk memulai menciptakan konten


Kamu bisa menulis sekitar 500-1000 kata per hari untuk mencoba keberuntungan di dunia kepenulisan blogger. Cara menjadi blogger pemula ini terbukti mampu meningkatkan traffic. Sering ikuti pelatihan pengembangan SEO dan penulisan. 

Untuk apa ikut pelatihan SEO dan kepenulisan? Meningkatkan skill di bidang pembuatan blog dan konten. Tahapan ini memberikan pengaruh besar bagi skill Kamu. Bagaimana cara mewujudkan tahapan ini? Kamu bisa ikut webinae yang dibuat spesialis SEO. 

8. Daftarkan Google AdSense

Cara menjadi blogger pemula dengan penghasilan tinggi yakni mendaftarkan diri ke Google AdSense. Dari sinilah penghasilan mu sebagai seorang blogger bisa didapatkan. Nantinya google akan memberikan gaji berdasarkan jumlah iklan yang tayang. 

Pendaftaran google adsanSe
Pendaftaran  Google adsense


Bagaimana cara mendaftarkan diri ke Google AdSense? Konten yang dibuat menarik, unik, organik, dan konsisten. Sebelumnya Kamu wajib memenuhi syarat mutlak Google AdSense. Apa syarat mutlak dari Google AdSense yang harus dipenuhi?

Berusia 18 tahun atau sudah mempunyai KTP. Bagaimana jika belum memiliki KTP? Kamu bisa mendaftarkan Google AdSense menggunakan data dari wali atau orang tua. Dengan begitu blogger pemula yang terverifikasi Google AdSense bisa menguntungkan. 

9. Gabung Komunitas

Hampir semua blogger terkemuka pasti gabung dengan komunitas tertentu. Untuk apa seorang blogger peluang gabung komunitas? Untuk meningkatkan skill, keterampilan sekaligus membangun relasi dengan sejumlah blogger berpengalaman lainnya. 

Dengan bergabung komunitas, seorang blogger pemula bisa belajar dan menambah wawasan. Cara ini wajib ditempuh oleh blogger pemula untuk mewujudkan penghasilan tinggi. Biasanya komunitas sering sharing mengenai konten-konten blogger.

Apa saja yang membuat komunitas blog penting? Dengan komunitas blog nantinya Kamu juga bisa tukar backlink. Jadi link dari blog yang Kami buat akan disisipkan di akun milik orang. Cara ini sering juga disebut sebagai bentuk promosi eksternal. 

Cara menjadi blogger pemula bisa ditempuh dengan alternatif tersebut. Sebelum itu, Kamu wajib menguasai skill kepenulisan agar usaha ini lancar. Tingkatkan skill tersebut dengan membaca artikel lain di website Kami.

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar