Bisa Hasilkan Untung Gede, Ini Cara Memulai Usaha Nasi Goreng di Pinggir Jalan

 

Lapak usaha nasi goreng pinggir jalan
Lapak usaha nasi goreng pinggir jalan

CariUang - Peluang bisnis nasi goreng cukup tinggi sehingga tidak heran ditempuh banyak orang. Menurut pelaku usaha nasi goreng, dalam menjalankan bisnis ini harus pandai menggaet pembeli sehingga terdapat langganan tetap yang berpotensial.

Bagaimana Cara Memulai Usaha Nasi Goreng?

Dalam menerapkan peluang bisnis nasi goreng, terdapat beberapa persiapan yang harus Kamu tempuh. Menurut pendapat sejumlah pelaku usaha, persiapan harus matang lantaran mempengaruhi jalan bisnis. Berikut cara usaha penjualan nasi goreng:

1. Analisis Pasar Bisnis Nasi Goreng

Beberapa pelaku usaha di bidang apapun menjelaskan bahwa suatu bisnis akan berjalan lancar jika Kamu mampu membuat analisis pasar. Bagaimana cara membuat analisis pasar? Analisis pasar bisa dilakukan dengan melihat daya saing hingga permintaan.

Dalam melakukan analisis pasar bisnis nasi goreng, Kamu bisa mengamati kompetitor. Usahakan untuk senantiasa memenuhi kebutuhan konsumen agar loyalitas terbangun. Dengan begitu suatu proses analisis pasar bisnis nasi goreng bisa dikatakan berhasil.

2. Modal Usaha Nasi Goreng

Jika pasar sudah ditetapkan, Kamu bisa langsung membuka usaha tersebut. Berapa modal usaha nasi goreng yang harus dipersiapkan? Menurut riset yang telah Aku lakukan, modal usaha nasi goreng mulai dari 7-10 juta rupiah.

Modal menjadi salah satu indikator yang mempengaruhi keberlangsungan usaha. Oleh sebab itu Kamu harus mempertimbangkan secara matang. Dibutuhkan keahlian dalam perhitungan keuangan agar modal yang dipersiapkan sesuai dengan planning usaha. 

3. Lokasi Strategis

Menurut sejumlah pembeli, rata-rata mereka akan mencari tempat penjualan makanan yang strategis. Hal ini bisa Kamu jadikan sebagai pedoman untuk membuka lokasi usaha di bidang penjualan nasi goreng. Usahakan lokasi tersebut dekat keramik. 

Memilih lokasi juga harus diimbangi dengan tempat penjualan. Bagi pelaku usaha yang masih pemula, lapak jualan bisa berupa gerobak. Poin yang tidak kalah penting dalam membuka lapak dan memilih lokasi yaitu izin. Pastikan lokasi aman dari razia satpol pp.

4. Perhatikan Bahan 

Dalam membuat usaha nasi goreng diperlukan sejumlah bahan-bahan berkualitas. Bahan apa saja yang dibutuhkan dalam membuat nasi goreng? Menurut pelaku usaha bahan yang dibutuhkan meliputi nasi, sayur, telur dan sejumlah bumbu dapur. 

Racik bumbu dari rumah sehingga nantinya jika ada pembeli Kamu tinggal menuangkannya sebelum proses menggoreng. Usaha ini membutuhkan ketekunan, jadi usahakan untuk menggoreng nasi saat ada pembeli sehingga makanan tetap fresh dan lezat. 

5. Buat Variasi

Peluang bisnis nasi goreng semakin besar jika Kamu mampu mengkreasi menu makanan tersebut. Bagaimana cara mengkreasikan menu yang kreatif? Kamu bisa menambahkan beberapa varian rasa dan pilihan menu tambahan. 

Contoh variasi menu nasi goreng ayam
Contoh variasi menu nasi goreng ayam

Beberapa varian nasi goreng paling banyak dicari mulai dari nasi goreng seafood, telur, ayam, sosis dan masih banyak lagi. Salah satu yang unik dari usaha penjualan nasi goreng yakni adanya variasi menu kombinasi steak ayam. 

6. Pemasaran

Kamu juga bisa membuat promosi jualan di sejumlah sosial media ataupun status WhatsApp. Pemasaran yang dilakukan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan penjualan nasi goreng. 

Beberapa penjual nasi goreng banyak yang memanfaatkan jualan online dengan sejumlah platform seperti Go Food, Grab Food, Shopee Food dan masih banyak lagi. Cara ini membantu Kamu dalam rangka pemasaran produksi nasi goreng. 

Itulah sejumlah cara memulai usaha nasi goreng. Pastikan untuk senantiasa menyimak peluang bisnis nasi goreng agar meningkatkan penjualan. Pelajari sejumlah trik penjualan dengan membaca artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar