Trik Memulai Usaha Keripik Tempe yang Menguntungkan

Pengemasan produk dalam usaha keripik tempe harus diupayakan
Pengemasan produk dalam usaha keripik tempe harus diupayakan


CariUang
- Usaha keripik tempe rumahan banyak ditempuh oleh sejumlah ibu rumah tangga untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Pasalnya usaha keripik tempe hanya membutuhkan modal ringan sehingga cocok diterapkan sejumlah kalangan.

Table of Contents

Langkah Memulai Usaha Keripik Tempe yang Hasilkan Untung Melimpah

Menurut pendapat pelaku usaha yang menerapkan produksi keripik tempe, mereka harus memiliki strategi perancangan dari pembuatan hingga pemasaran. Jadi diperlukan keahlian dalam bidang boga dan marketing. Berikut memulai usaha pembuatan kripik tempe:

1. Buat Perencanaan dengan Matang

Menurut salah satu pemilik usaha keripik tempe rumahan, menjalankan bisnis ini diperlukan perencanaan matang. Bagaimana cara menentukan perencanaan usaha yang benar? Menurut pengalamanku pribadi rancangan bisa dimulai dari modal hingga marketing. 

Dalam pembuatan perencanaan Kamu harus mempertimbangkan berbagai macam aspek mulai dari peralatan, bahan baku, dan media marketing. Kenapa hal tersebut penting? Hal ini bertujuan agar nantinya usaha keripik tempe memberi untung gede. 

2. Siapkan Modal

Setelah perencanaan dibuat dengan matang Kamu harus menyiapkan modal usaha keripik tempe. Berapa modal yang diperlukan untuk membuat bisnis keripik tempe? Modal usaha keripik tempe mulai dari 3-7 juta rupiah atau tergantung skala bisnis. 

Modal usaha keripik tempe bisa dipersiapkan sejak perencanaan dilakukan. Pastikan menghitung biaya bahan baku, peralatan, operasional, hingga strategi pemasaran keripik tempe. Dengan begitu usaha pembuatan kripik tempe berjalan dengan lancar. 

3. Cari Bahan Baku Pembuatan Kripik Tempe

Pemilik bisnis industri kripik tempe menjelaskan modal tersedia digunakan untuk mencari bahan baku. Bahan baku apa yang dibutuhkan untuk membuat kripik tempe? Bahan baku yang digunakan mulai dari tempe, minyak, dan sedikit penyedap rasa.

Bahan baku pembuatan keripik tempe
Bahan baku pembuatan keripik tempe


Gunakan keahlian dalam riset pasar untuk mendapatkan harga bahan baku terjangkau. Dengan begitu Kamu bisa melakukan penjualan keripik tempe sesuai dengan permintaan dari target penjualan. 

4. Proses Produksi

Menurut pengalamanku pribadi dalam mengamati usaha kripik tempe, tahapan paling mendebarkan yakni proses produksi. Kamu harus memiliki keahlian dalam membuat keripik tempe yang lezat dan disukai oleh banyak orang sehingga penjualan naik. 

Sediakan juga beberapa varian rasa mulai dari pedas, manis, keju hingga jagung. Kenapa penyediaan varian rasa perlu dilakukan? Hal ini sebagai salah satu bentuk strategi pemasaran keripik tempe. 

5. Pengemasan dan Promosi

Usaha keripik tempe juga membutuhkan pengemasan yang unik dan menarik. Kenapa pengemasan harus diperhatikan? Hal ini bertujuan agar keripik tempe semakin digemari banyak orang terlebih pembeli punya pedoman melihat semua hal dari bungkus.

Kamu bisa membungkus keripik tempe menggunakan plastik bening dan menempelkan level atau brand. Promosi juga sangat diperlukan pada usaha satu ini. Bagaimana cara promosi yang benar? Promosi bisa langsung atau memakai sosial media.

6. Penjualan 

Setelah pengemasan dilakukan Kamu bisa langsung menjual hasil produksi keripik tempe. Penjualan bisa dilakukan dengan menitipkan ke warung-warung ataupun memakai sistem open order. 

Tidak hanya itu saja, Kamu bisa memanfaatkan situs marketplace sebagai usaha penjualan produksi keripik tempe. Pemanfaatan marketplace menjadi salah satu strategi pemasaran keripik tempe paling efektif dan menjanjikan. 

Trik memulai usaha keripik rumahan tersebut bisa dijadikan sebagai salah satu pedoman memulai usaha. Pastikan untuk senantiasa memenuhi permintaan pembeli. Jangan lupa untuk selalu tingkatkan ilmu bisnis dengan baca artikel di website Kami.  

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar