Trik Memulai Usaha Cilok Modal Anjlok Untung Mencolok

Table of Contents

 

Gerobak usaha cilok modal minimalis untung maksimalis
Gerobak usaha cilok modal minimalis untung maksimalis

CariUang - Usaha cilok bisa dijadikan sebagai ide jualan street food atau makanan pinggir jalan. Usaha ini bisa ditempuh oleh sejumlah kalangan mengingat cara membuat cilok tergolong cukup mudah. Kamu bisa mencari resep makanan ini dari sejumlah sumber ternama. 

Bagaimana Cara Memulai Usaha Cilok yang Menjanjikan?

Menurut penjual cilok, terdapat beberapa tahapan yang harus Kamu tempuh sebelum menjual cilok. Tahapan tersebut harus Kamu lakukan dengan selektif sehingga penjualan cilok memberikan keuntungan besar. Berikut cara memulai bisnis penjualan cilok enak:

1. Siapkan Branding

Pengalaman pribadi dalam membeli cilok pasti melihat branding ataupun kualitas yang ditawarkan. Kenapa kualitas sangat penting? Kualitas sangat penting lantaran mempengaruhi kepuasan batin dari pelanggan sehingga Kamu harus mengupayakan poin ini. 

Branding dapat diupayakan dengan membuat akun sosial media dan membagikan ulasan positif, menciptakan brand atau merk, dan masih banyak lagi. Dalam menempuh tahapan ini Kamu harus punya keahlian marketing mumpuni sehingga berpotensi menggaet kerja sama. 

2. Siapkan Lokasi Usaha

Lokasi menjadi poin yang mempengaruhi penjualan cilok enak. Dalam tahapan ini Kamu harus pandai melakukan riset pasar sehingga jualan dilirik banyak orang. Usahakan lokasi tersebut strategis, mudah dijangkau, dan memiliki potensial laris manis cukup tinggi. 

Dengan mengupayakan lokasi usaha yang mumpuni maka jualan cilok bisa memberikan keuntungan besar. Kamu bisa memilih lokasi cilok enak di depan sekolah, pinggir jalan, dan masih banyak lagi. Menyiapkan lokasi yang tepat harus menjadi pertimbangan utama. 

3. Sediakan Banyak Varian

Cara membuat cilok yang mudah membuat Kamu bisa menerapkan berbagai varian cilok. Kamu bisa menyediakan varian cilok pedas, cilok kuah, cilok ayam suir, dan lain-lain. Dengan menyediakan banyak varian cilok pembeli tidak merasakan bosan pada menu tersebut. 

Cilok varian original
Cilok varian original


Menyediakan banyak varian menu cilok membuat Kamu harus punya keahlian dalam bidang kuliner. Pastikan untuk mencicipi cilok terlebih dahulu sebelum dijual. Kenapa harus dicicipi dulu? Agar rasa cilok sesuai dengan lidah banyak orang dan tidak mengecewakan. 

4. Tetapkan Harga Bersahabat

Cara membuat cilok yang mudah dan bahan sederhana membuat Kamu harus pandai mengakumulasikannya untuk mengetahui harga pasaran. Pastikan harga pasaran yang ditetapkan sesuai dengan target penjualan sehingga usaha tetap menguntungkan. 

Jika target penjualan anak sekolah pastikan harga yang ditetapkan sesuai uang saku rata-rata. Untuk menentukan harga diperlukan riset kompetitor sehingga nantinya tidak kalah saing. Berapa harga cilok? Rata-rata harga cilok mulai dari Rp 2.000 - Rp 5.000 per porsi atau sesuai request. 

5. Pengemasan

Perhatikan pengemasan untuk menarik simpatik calon pembeli. Bagaimanapun pengemasan cilok yang bagus? Pengemasan usaha cilok yang bagus bisa diupayakan dengan memanfaatkan paper bowl ataupun cup plastik. Beberapa penjual ada yang hanya pakai plastik. 

Menurut penjual cilok yang telah berpengalaman, indikator ini mempengaruhi nilai jual sehingga harus diutamakan. Jika penjualan cilok di area kalangan elit Kamu bisa mengupayakan pengemasan elegan sehingga dapat mematok tarif harga cukup tinggi. 

FAQ

Berapa modal yang diperlukan untuk membuat usaha penjualan cilok?

Kamu bisa menyiapkan modal mulai dari 2-5 juta untuk memulai usaha cilok skala menengah. 

Apakah cilok bisa dijual secara online?

Kamu bisa menjual cilok secara online dengan mengupayakan varian menu frozeen food.

Varian cilok apa yang paling digemari?

Menurut pendapat sejumlah orang, varian paling digemari yakni cilok pedas dan bumbu kacang. 

Itulah sederet alternatif yang bisa Kamu tempuh untuk memulai usaha cilok. Pastikan untuk mencicipi rasa agar tidak mengecewakan pelanggan setia. Pelajari juga trik bisnis lain dengan baca artikel di website Kami. 


Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar