Trik Memulai Bisnis Keripik Bayam yang Menguntungkan

  

Bisnis keripik bayam sangat menguntungkan lantaran banyak disukai
Bisnis keripik bayam cukup menguntungkan lantaran disukai banyak kalangan


CariUang - Keripik bayam merupakan salah satu makanan atau cemilan ringan yang cukup digemari. Cara membuat keripik bayam juga cukup mudah sehingga sangat pas jika dijadikan sebagai peluang usaha. Bisnis keripik bayam punya potensi cukup tinggi.

Table of Contents
 

Cara Memulai Bisnis Keripik Bayam

Menurut pengakuan dari sejumlah pemilik bisnis produksi keripik bayam, cemilan ini memiliki daya tarik cukup tinggi. Diperlukan keahlian dalam bidang keuangan, marketing, dan produksi. Berikut tahapan memulai usaha keripik bayam:

1. Menyiapkan Modal

Berpedoman pada salah satu jurnal tentang keripik bayam, usaha ini membutuhkan modal sebagai dasar bisnis. Berapa modal keripik bayam? Modal keripik bayam berkisar 3-7 juta atau menyesuaikan dengan skala usaha yang dilakukan. 

Modal keripik bayam digunakan untuk pembelian peralatan, bahan baku, operasional dan masih banyak lagi. Modal keripik bayam harus dihitung secara seksama sehingga usaha bisa berjalan lancar tanpa perlu terhambat masalah pendanaan. 

2. Mencari Bahan Baku Berkualitas

Menurut pengalamanku pribadi dalam mengamati usaha pembuatan keripik bayam, pelaku bisnis kerap mengutamakan bahan baku berkualitas. Bahan baku seperti apa yang dibutuhkan? Bahan baku yang murah, berkualitas, bergizi, dan layak dikonsumsi. 

Tepung menjadi salah satu bahan pembuatan keripik bayam
Tepung menjadi salah satu bahan pembuatan keripik bayak


Kamu bisa membeli bahan baku di pasar atau supplier pertama. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan harga terjangkau dan modal lebih ringan. Bahan apa yang dibutuhkan? Bayam, tepung terigu, penyedap rasa, minyak, dan masih banyak lagi. 

3. Memulai Proses Produksi

Bagaimana cara membuat keripik bayam? Cara membuat kripik bayam yang lezat bisa diupayakan dengan memenuhi sebuah bahan. Siapkan bayam cuci dengan bersih. Celupkan pada adonan yang berisi tepung, penyedap rasa, air, dan bumbu lain. 

Masukkan bayam yang telah dicuci tadi pada adonan kemudian panaskan minyak pada wajan berukuran besar. Goreng dengan api sedang bolak balik agar tidak gosong. Cara produksi ini terbukti menghasilkan keripik bayam yang lezat dan renyah. 

4. Uji Rasa dan Buat Varian Rasa

Beberapa penjual keripik bayam menjelaskan bahwa sebelum penjualan dilakukan sebaiknya melakukan uji coba. Kenapa uji coba peting? Uji coba penting dilakukan untuk mengetahui kualitas rasa dan tekstur dari bisnis keripik bayam. 

Usahakan Kamu juga menyediakan beberapa varian rasa agar pembeli tidak mudah merasa bosan. Rasa apa saja yang bisa diupayakan untuk menarik pembeli? Rasa yang bisa diupayakan meliputi jagung manis, balado, original dan masih banyak lagi. 

5. Pengemasan

Selain harus mengupayakan rasa dan tekstur, penting juga Kamu mengutamakan pengemasan keripik bayam. Pengemasan bisa dilakukan dengan menggunakan toples plastik yang telah ditempeli brand produk agar terlihat menarik.

Tidak hanya itu saja, berdasarkan jurnal bisnis keripik bayam pengemasan bisa pakai plastik khusus yang ada perekatnya. Upayakan pengemasan rapat sehingga tidak mengurangi kerenyahan pada keripik bayam.

6. Proses Promosi

Strategi pemasaran keripik bayam harus diupayakan untuk meningkatkan penjualan. Bagaimana strategi pemasaran keripik bayam? Strategi pemasaran keripik bayam bisa dilakukan dengan menawarkan melalui sosial media dan marketplace. 

Titipkan juga produk keripik bayam ke warung atau toko cemilan terdekat. Dengan melakukan teknik penjualan online ataupun offline mampu membuat pendapatan senantiasa mengalami peningkatan. 

Bisnis keripik bayam dapat diupayakan sebagai alternatif untuk meningkatkan penghasilan. Pembuatan keripik bayam bisa diupayakan dengan memperluas industri. Pelajari sejumlah ide industri dengan baca artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar