Trik Memulai Usaha Handicraft yang Berpotensi Hasilkan Untung Tinggi

 

Usaha handicraft bisa diterpakan untuk meningkatkan penjualan
Usaha handicraft memerlukan kreativitas tinggi untuk memperoleh keuntungan

CariUang - Usaha handicraft atau pembuatan kerajinan dari barang bekas merupakan bisnis cukup potensial. Pasalnya selain menghasilkan keuntungan Kamu juga bisa mengurangi permasalahan sampah. Mengingat masalah sampah cukup tinggi.

Bagaimana Cara Memulai Usaha Handicraft yang Benar?

Sesuai dengan pedoman sebelumnya, pembuatan kerajinan tangan tentu mengharuskan Kamu punya keahlian berupa kreativitas. Berikut ini sejumlah hal yang harus Kamu persiapkan sebelum memulai usaha di bidang pembuatan kerajinan:

1. Buat Target Pasar

Sebelum memulai usaha di bidang apapun Kamu wajib untuk melakukan riset pasar terlebih dahulu. Tujuan utama dari riset pasar yakni menciptakan target penjualan. Untuk menentukan target pasar Kamu bisa mengenali beberapa faktor. 

Faktor tersebut meliputi kebiasaan, kegemaran, hingga wilayah di tempat usaha tersebut. Kamu juga harus mencari target pasar yang sesuai misal kerajinan tangan yang dibuat menargetkan ibu-ibu, maka hasil produksi harus memikat kalangan tersebut.

2. Terapkan Strategi Marketing yang Benar

Setelah produksi kerajinan tangan dilakukan tentu Kamu harus menjual hasil tersebut. Bagaimana cara menjual hasil produksi? Kamu harus menjajakan, menjual secara online, hingga menitipkan pada toko-toko. Menurut pelaku UMKM, cara ini cukup efektif.

Pengalamanku pribadi, sebelum mulai menjual harus dilakukan promosi. Hal ini bertujuan agar penjualan meningkat drastis. Diperlukan kreativitas tinggi sehingga promosi yang dilakukan mampu menggaet banyak orang. 

3. Cari Bahan Baku Berkualitas

Dalam memulai usaha di bidang kerajinan tentu Kamu harus mencari bahan baku. Menurut pengalaman dari sejumlah pelaku usaha, bahan baku berkualitas akan berpengaruh pada hasil. Jika bahan berhasil diupayakan maka produk unik dan menarik.

Oleh sebab itu penting bagi Kamu mengupayakan tahapan ini. Menurut pengalamanku dalam mencari bahan baku, rata-rata kualitas ditentukan oleh beberapa faktor salah satunya harga. Dalam tahap ini Kamu harus pandai membandingkan harga satu supplier dengan lainnya.

4. Tenaga Kerja yang Ahli

Menciptakan produk unik dari usaha handicraft tentu menjadi misi sejumlah pelaku usaha. Namun, hal tersebut terkadang susah diwujudkan salah satunya dipengaruhi oleh tenaga kerja. Kamu harus pandai mencari tenaga yang ahli di bidang pengrajin. 

Dalam mencari tenaga kerja yang ahli Kamu bisa mencobanya beberapa bulan terlebih dahulu. Menurut pengakuan pelaku usaha, cara ini membantu Kamu untuk menyaring tenaga kerja kompeten. Dengan begitu produk unik dan menarik bisa didapatkan. 

5. Buat Pembukuan

Keberhasilan suatu usaha tidak bisa dilihat dengan kira-kira. Menurut pengalaman sejumlah pelaku usaha, keberhasilan suatu bisnis bisa dilihat melalui pembukuan keuangan. Buat Pembukuan yang jelas dengan memanfaatkan sejumlah perangkat.

Diperlukan kreativitas tinggi untuk mengupayakan pembukuan usaha yang akurat. Keberadaan pembukuan keuangan membuat Kamu lebih mudah untuk mengetahui kondisi usaha dan melakukan evaluasi jika terdapat sejumlah permasalahan. 

FAQ

Berapa modal yang harus Aku persiapkan sebelum memulai usaha kerajinan?

Modal yang perlu dipersiapkan cukup bervariatif mulai dari 5-7 juta saja. Namun hal tersebut kembali lagi dengan skala dan jenis kerajinan yang dibuat.

Bagaimana jika modal yang dimiliki terbatas?

Jika modal yang Kamu miliki terbatas maka bisa membuka usaha dalam skala kecil terlebih dahulu. 

Disebut apakah orang yang menekuni usaha ini?

Orang yang memiliki kreativitas dalam membuat kerajinan disebut pengrajin. Usaha ini cukup populer di Indonesia.

Nah itulah sejumlah trik memulai usaha handicraft yang bisa Kamu terapkan. Untuk menjadi seorang pengrajin atau atau usaha di bidang kerajaan dibutuhkan inovatif. Pelajari sejumlah trik lain seputar bisnis dengan baca artikel di website Kami.

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar