Tips Memulai Bisnis Event Organizer yang Solid

 

Bisnis event organizer akan berhasil jika punya perencanaan matang dan tim solid
Bisnis event organizer akan berhasil jika punya 

CariUang - Hobi bikin acara tapi ingin menghasilkan uang secara nyata? Kamu bisa memulai bisnis event organizer sebagai cara untuk menghasilkan pendapatan. Dalam memulai usaha satu ini diperlukan tim sekaligus perencanaan yang matang. 

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Event Organizer yang Sukses

Sebelum melakukan usaha satu ini, Kamu harus mengetahui potensial jasa dibutuhkan. Rata-rata profesi ini dikerjakan oleh sejumlah orang sebagai pekerjaan sampingan. Berikut ini cara memulai usaha di bidang pengelolaan event organizer:

1. Pembentukan Tim

Tahapan pertama hang perlu Kamu tempuh untuk membuat usaha event organizer yakni membentuk tim. Tim bisa berisikan sejumlah orang yang telah berpengalaman maupun non pengalaman. Kamu bisa memilih tim dengan jumlah tertentu. 

Menurut pengalamanku pribadi, membentuk tim baiknya menyesuaikan dengan kebutuhan. Hal ini bertujuan agar tidak kekurangan ataupun kelebihan tim event organizer. Kelebihan tim justru akan membuat koordinasi terasa lebih berat. 

2. Siapkan Modal

Setelah memiliki tim solid Kamu harus mempersiapkan modal untuk memulai bisnis ini. Modal bisa dilakukan dengan membuat proposal kerja sama. Bagaimana cara membuat proposal event organizer yang menarik? Cara membuat proposal event yang menarik bisa dilakukan secara digital. 

Jadi Kamu hanya perlu menuliskan proposal dalam bentuk pdf ataupun word dan mengirimkannya pada pihak-pihak yang berpotensial. Cara membuat proposal event yang menarik juga bisa dilakukan secara cetak jadi setelah ditulis diprint dan dibagikan. 

3. Riset Harga

Menurut pengakuan pelaku usaha riset harga menjadi penentu keberhasilan. Oleh sebab itu Kamu wajib melakukan riset harga yang baik dan benar. keahlian riset bisa dilakukan dengan membatasi harga jasa event organizer milik kompetitor. 

Dengan mengetahui harga jasa event organizer Kamu bisa mematok sesuai pasaran. Hendaknya harga jasa event organizer tidak terlalu murah ataupun mahal sehingga bisa dijangkau oleh sejumlah kalangan terutama muda-mudi. 

4. Perencanaan 

Menurut pengalaman sejumlah orang yang telah terlibat dalam pembuatan dalam bisnis event organizer, tahapan tidak kalah penting yaitu perencanaan. Perencanaan meliputi konsep acara, tim-tim yang terlibat, anggaran, hingga rangkaian event sampai selesai. 

Pembuatan perencanaan lebih matang dan tersetruktur jika dilakukan dengan media proposal. Kamu yang punya keahlian mengoperasikan komputer bisa juga membuat pembukuan terkait planning atau perencanaan dari event organizer tersebut. 

5. Promosi

Agar keuntungan dari kegiatan event banyak, Kamu harus pandai melakukan promosi. Bagaimana cara promosi yang benar? Strategi pemasaran event organizer paling efektif jika memakai sosial media. Pasalnya hampir semua event rata-rata ditargetkan untuk kalangan pemuda. 

Oleh sebab itu strategi pemasaran event organizer rata-rata dilakukan secara digital. Buat pemasaran yang unik dan menarik sehingga kedepannya banyak menggaet pelanggan. Promosi bisa dilakukan dengan cara berbayar salah satunya backlink. 

FAQ

Bagaimana startegi pemasaran event organizer?

Strategi pemasaran bisa dilakukan dengan menempuh cara online atau offline. Menurut pengalamanku pribadi pemasaran lebih efektif secara online lantaran Kita tidak perlu keluar rumah dan semua bisa dipantau jarak jauh. 

Berapa modal yang diperlukan untuk membuat event organizer?

Modal yang diperlukan untuk membangun event organizer mulai dari 10 - 15 juta. 

Skill apa yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha event organizer?

Kamu membutuhkan skill planning hingga organising untuk menjalankan event organizer yang menguntungkan. 

Bisnis event organizer bisa berjalan lancar jika Kamu menerapkan sejumlah trik di atas. Pastikan untuk rutin meriset kompetitor agar tidak kalah saing. Ikuti trend dan perkembangan bisnis dengan membaca sejumlah artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar