Strategi Budidaya Durian Montong , Buah Lokal yang Mendunia

 

Budidaya durian Montong merupakan salah satu strategi pertanian yang cukup menguntungkan

CariUang - Durian merupakan salah satu buah-buahan yang cukup populer dan digemari sejumlah orang. Hal inilah yang membuat sejumlah petani banyak budidaya durian Montong. Dengan budidaya, Kita bisa menikmati durian Montong sekaligus usaha. 

Cara Budidaya Durian Montong agar semakin Untung

Untuk memulai budidaya durian Montong Kamu memerlukan waktu lumayan singkat dibandingkan lokalan. Hal ini berdasarkan pengalaman pribadi dari orang tuaku yang kebetulan berprofesi sebagai petani. Berikut cara membudidayakan durian Montong:

1. Siapkan Lahan atau Polibag

Langkah pertama yang bisa Kamu terapakan untuk memulai budidaya Montong yaitu mempersiapkan lahan. Sebelum mempersiapkan lahan Kamu bisa menyediakan polibag terlebih dahulu sebagai media untuk pembibitan. 

Pastikan lahan yang disediakan terbebas dari serangan hama dan rumput liar. Hal ini bertujuan agar proses budidaya berjalan lancar. Sebelum menanam durian Montong, biasanya petani gemburkan tanah.y

2. Pilih Bibit

Jika lahan yang akan digunakan untuk proses budidaya sudah dipersiapkan, Kamu bisa langsung memilih bibit. Orang tua saya biasanya memilih bibit dengan melakukan pembelian ataupun sistem cangkok. Tapi Kamu bisa menanam dari biji durian Montong.

Jika menanam bibit melalui biji pastikan kualitas durian Montong berkualitas. Tanam bibit tersebut pada polibag yang telah dipersiapkan. Pastikan meletakkan bibit durian di tempat yang mendapatkan paparan sinar matahari secara langsung. 

3. Pemindahan

Bibit yang sudah tumbuh dengan baik bisa langsung dipindahkan ke media tanam atau lahan. Pastikan bahwa bibit yang akan dipindahkan cukup umur sehingga tidak rawan mati. Orang tuaku biasanya memindahkan bibit Montong ketika berusia 7-12 bulan. 

Pindah bibit durian tersebut secara perlahan dan pastikan akar tidak putus. Sebagian petani memilih membuat lubangan kemudian memasukkan polybag yang berisi bibit Montong secara langsung. Cara ini bertujuan menghindari akar terputus. 

4. Perawatan

Setelah bibit durian Montong berhasil ditanam, Kamu harus memastikan bahwa perawan yang dilakukan sudah sesuai. Perawatan dalam budidaya durian Montong meliputi pembasmian hama, pembubutan rumput, hingga menyirami secara bertahap. 

Hindari menyiram bibit durian berlebihan lantaran bisa membuatnya mati. Dalam kasus ini Kamu harus mempunyai keahlian dalam merawat perkebunan durian. Usahakan selalu mempelajari tips dan trik budidaya agar bisnis ini berjalan dengan lancar. 

5. Penyemprotan

Durian Montong berbeda dengan durian lokal. Umumnya dalam umur 3-4 tahun pohon durian Montong sudah bisa berbuah. Hal ini membuat Kamu harus melakukan penyemprotan. Untuk mengurangi pestisida, orang tua saya menyemprot pakai pewangi

Meskipun begitu, hal tersebut tidak bisa dijadikan sebagai pedoman lantaran belum ada penelitian khusus. Penyemprotan biasanya dilakukan saat pohon durian Montong sudah memasuki masa berbunga sehingga tidak rontok dan panen berhasil. 

FAQ

Bagaimana agar Durian Montong Berbuah Lebat?

Agar pohon durian Montong Berbuah lebat, Kamu harus memupuk menggunakan sejumlah pupuk organik. 

Apakah Penggunaan Pestisida Berbahaya untuk Pertumbuhan Durian Montong?

Umumnya pestisida terbuat dari bahan kimia, dalam jangka pendek pupuk ini memang bermanfaat. Namun jika dilakukan jangka panjang, pupuk kimia atau pestisida membuat pohon durian Montong rusak hingga paling fatal mati. 

Kenapa Bunga Durian Montong Rontok?

Terdapat beberapa faktor yang membuat bunga durian Montong rontok mulai dari suhu hingga pemakaian pupuk berlebihan. 

Budidaya durian Montong akan berhasil jika Kamu menguasai keahlian dalam hal pertanian. Untuk menguasai keahlian tersebut Kamu bisa mempelajari secara otodidak. Pelajari informasi seputar budidaya dengan membaca artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar