Okupansi dijamin Meningkat, Ini Strategi Pemasaran Hotel bagi Pengusaha Pemula


Strategi marketing hotel mampu mencapai okupansi tinggi
Strategi marketing hotel mampu mencapai okupansi tinggi
( Dok. Istimewa)


CariUang - Hotel merupakan salah satu hunian yang kerap dijadikan singgah sementara oleh sebagian orang. Tempat ini sering dijadikan sebagai usaha oleh sebagian orang sehingga strategi pemasaran hotel harus diupayakan dengan baik dan benar.

Seperti Apa Strategi Pemasaran Hotel yang Benar?

Menurut pengakuan sejumlah pelaku usaha di bidang hotel, mereka perlu melakukan sejumlah trik agar tidak kalah saing. Terlebih jika lokasi hotel tersebut sudah banyak kompetitor. Berikut strategi marketing hotel agar okupansi meningkat drastis:

1. Mengenali Target Konsumen

Tahap pertama yang bisa Kamu yempuh untuk melakukan pemasaran hotel yakni mengenali konsumen. Mengenali konsumen dapat diupayakan dengan berbagai tahapan mulai dari analisis wilayah, kebiasaan pengunjung, hingga harga pasaran. 

Jika lokasi hotel dekat dengan wisata pastikan menyediakan sejumlah fasilitas yang sesuai. Hal ini bertujuan untuk menjaga kenyamanan pelanggan saat menginap sehingga kedepannya tidak segan untuk datang kembali.

2. Manfaatkan Situs Blog

Kamu juga bisa memanfaatkan situs blog meningkatan okupansi hotel. Terapakan sistem SEO pada situs blog tersebut agar mudah terdeteksi oleh mesin pencari. Memanfaatkan alternatif ini membantu usaha yang Kamu jalankan ditemukan orang. 

Pembuatan konten di blog biasanya berkaitan dengan layanan hotel, fasilitas dan sebagainya. Keberadaan situs blog untuk meningkatkan okupansi mampu dijadikan sebagai bahan pertimbangan orang sebelum menginap di hotel Kamu. 

3. Upayakan Citra Positif

Menurut pengalamanku pribadi, mencari hotel pasti berdasarkan rekomendasi dan review. Review memang mempengaruhi jumlah kunjungan suatu hotel sehingga upayakan untuk senantiasa meningkatkan citra positif baik secara online atau offline. 

Bagaimana cara meningkatkan citra positif suatu hotel? Menurut pengakuan pelaku usaha di bidang hotel, cita positif bisa diupayakan dengan memberikan layanan terbaik. Tidak jarang pihak hotel mencari tenaga kerja kompoten untuk meningkatkan layanan. 

4. Buat Paket Layanan

Menurut pengakuan sejumlah orang, mencari hotel harus dilakukan dengan maksimal. Pilih hotel yang menyediakan paket-paket tertentu lantaran hal tersebut bisa disesuaikan dengan budget atau anggaran dari calon konsumen. 

Pembuatan paket layanan bisa didasarkan dengan jam menginap, kamar, fasilitas yang ditawarkan dan lain sebagainya. Keberadaan paket layanan juga memudahkan hotel menjangkau konsumen yang berasal dari berbagai kalangan masyarakat. 

5. Aktif di Sosial Media

Strategi marketing hotel paling mudah yakni dengan aktif di sosial media. Mengupayakan tahapan ini diperlukan keahlian dalam managemen konten sosial media. Kamu bisa membuat konten berupa video, foto, atau hal lain yang menarik. 

Jangan lupa untuk membagikan beberapa informasi penting terkait hotel yang Kamu jalankan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan calon pelanggan dalam mencari informasi. Sosial media juga bisa dipakai untuk menjalin komunikasi dengan pelanggan.

6. Maksimalkan Pelayanan

Salah satu indikator yang mempengaruhi kenyamanan pelanggan saat mencari hotel yakni layanan. Oleh sebab itu, upayakan untuk senantiasa meningkatkan layanan seperti menyediakan customer servis, cleaning servis, hingga staff ahli di bidangnya. 

Memaksimalkan layanan suatu hotel dapat membangun kepuasan batin pelanggan. Menariknya, usaha ini akan semakin meningkat jika kepuasan batin diupayakan. Oleh sebab itu pastikan untuk senantiasa memaksimalkannya pelayanan. 

Strategi pemasaran hotel harus dilakukan secara optimal dengan menerapkan trik tersebut. Jika trik tersebut bisa diterapkan maka besar kemungkinan okupansi hotel meningkat. Pelajari strategi marketing lainnya dengan baca artikel di website Kami. 


Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar