Menganalisis Strategi Pemasaran McDonald’s yang Mendunia

 

Menu McDonald's menjadi salah satu strategi pemasaran
Menambah menu inovatif menjadi salah satu strategi pemasaran McDonald's yang bisa ditiru

CariUang - McDonald’s merupakan brand makanan cepat saji yang cukup terkenal hingga seluruh dunia. Gerai McDonald’s sudah tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Tidak heran jika strategi pemasaran McDonald's banyak diterapkan oleh pelaku usaha. 

Bagaimana Strategi Pemasaran McDonald's di Indonesia?

Strategi marketing dari brand tersebut cocok dijadikan sebagai alternatif meningkatkan bisnis. Menurut pengalamanku saat mengunjungi gerak McDonald's, rata-rata mereka mengupayakan layanan yang totalitas. Berikut strategi marketing McDonald's Indonesia:

1. Kemampuan Mencari Target Pasar

McDonald's bisa sukses karena Mereka pandai mencari target pasar. Dalam mengupayakan hal ini McDonald's menganalisis beberapa indikator mulai dari budaya, produk kegemaran, prilaku, hingga harga yang menyesuaikan harga wilayah gerai. 

Untuk mengikuti jejak McDonald's dalam mencari target pasar, Kamu harus punya keahlian dalam riset pasar. Analis beberapa aspek terpenting seperti produk paling banyak dicari, harga pasaran, daya beli konsumen dan masih banyak lagi. 

2. Buat Menu Paling Laku

Brand McDonald's rata-rata membuat menu yang menyesuaikan dengan lidah masyarakat. Jika gerai tersebut buka di daerah A yang mayoritas menyukai masakan pedas maka pihak McDonald's akan mengembangkan variasi tersebut. 

Cara ini sebenarnya termasuk salah satu metode pendekatan dengan konsumen. Kamu juga bisa menerapkan trik ini untuk mendapatkan pelanggan berjumlah banyak. Upayakan untuk selalu terbuka dan berusaha memenuhi kebutuhan dari pelanggan.

3. Membuat Paket Menu

Sejumlah pembeli dan langganan dari McDonald's menjelaskan bahwa mereka menyukai brand tersebut lantaran tersedia sejumlah paket menu. Paket menu tersedia berdasarkan jumlah produk hingga harga jual yang bisa dijangkau oleh pembeli. 

Dengan membuat paket-paket menu ini pembeli bisa menyesuaikan antara dana tersedia dengan makanan yang diinginkan. Strategi pemasaran McDonald's ini sudah diterapkan di wilayah Indonesia sehingga bisa Kamu amati sendiri untuk lebih jelasnya. 

4. Merchandise

Kamu bisa juga menyediakan Merchandise pada produk makanan yang dijual untuk menarik perhatian konsumen. Cara ini bisa dilakukan dengan memberi hadiah pada saat momentum tertentu. Hadiah bisa berupa aksesoris yang berkaitan dengan brand. 

Seperti yang diketahui, McDonald's juga menerapkan strategi marketing satu ini. McDonald's menyediakan berbagai mainan mini yang diberikan kepada anak-anak dengan konsep Happy Meal. Hal ini terbukti meningkatkan penjualan McDonald's

5. Penempatan Lokasi Strategis

Kenapa lokasi sangat berpengaruh terhadap penjualan? Lokasi berpengaruh pada penjualan lantaran orang pasti akan memilih makan di tempat yang mudah dijangkau Kamu harus punya keahlian dalam mencari lokasi yang strategis dan mudah dijangkau.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pendapat dan mengupayakan popularitas. Jika Kamu lihat di google map, rata-rata gerai McDonald's terletak di lokasi yang strategis dan potensial. Hal ini bisa Kamu jadikan acuan sebelum memulai suatu usaha. 

6. Pembuatan Iklan Menarik

Kamu bisa juga membuat iklan yang unik dan menarik untuk meningkatkan jumlah penjualan. Iklan yang menarik bisa dilakukan dengan memanfaatkan sejumlah sosial media. Diperlukan keahlian dalam membuat iklan yang unik agar trik ini membuahkan hasil. 

Menurut pengalamanku pribadi, iklan yang dibuat McDonald's menyesuaikan dengan momentum berlangsung. Sebagai contoh, ketika sedang natal mereka membuat iklan yang ikonik dengan momentum tersebut. 

Itulah strategi pemasaran McDonald's yang bisa Kamu terapkan. Apakah cara ini efektif? Menurutku cara ini cukup efektif dan memberikan banyak manfaat. Pelajari cara pemasaran lainnya dengan membaca seluruh artikel yang ada di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar