Langkah Awal Mengembangkan Usaha Tahu Home Industri

 

Usaha tahu home industri bisa optimal jika perencanaan matang
Ilustrasi tahu home industri berkualitas 

CariUang - Usaha tahu industri home made saat ini menjadi salah satu bisnis yang cukup menguntungkan. Pasalnya untuk produksi pangan tersebut Kita tidak membutuhkan pabrik dengan kapasitas besar sehingga lebih hemat modal. 

Langkah Persiapan Mengembangkan Usaha Tahu Home Industri?

Tahu merupakan makanan yang terbuat dari kedelai pilihan dan dijadikan sebagai lauk untuk konsumsi harian. Banyak cara yang bisa ditempuh untuk membuat usaha ini semakin maju dan berkembang. Berikut ini cara membuat usaha tahu yang efektif:

1. Buat Lokasi atau Tempat Produksi

Langkah pertama yang bisa Kamu lakukan untuk memproduksi tahu skala besar yakni mempersiapkan lokasi. Tempat produksi tahu bisa di rumah ataupun menyiapkan lokasi tersendiri. Pastikan tempat tersebut punya tempat pembuangan limbah alami. 

Jika membuat lokasi pembuatan tahu di area pemukiman hindari membuang limbah secara sembarangan. Hal ini bisa membuat orang lain terganggu dan menjadi pencemaran tersendiri. Lokasi produksi hendaknya memiliki kebersihan yang mumpuni. 

2. Sediakan Modal

Setiap usaha pasti membutuhkan modal tersendiri baik berupa tenaga ataupun uang. Kamu harus mempersiapkan modal sejak awal. Bagaimana cara mengetahui modal? Untuk mengetahui jumlah modal Kamu bisa menjumlahkan segala keperluan. 

Menurut sejumlah pengusaha, modal menjadi langkah pertama yang menentukan keberhasilan usaha. Oleh sebab itu Kamu harus mempunyai keahlian dalam memperhitungkan dana agar kedepannya usaha bisa memberikan keuntungan berlipat.

3. Persiapkan Peralatan

Tidak hanya perlu mempersiapkan modal, Kamu juga harus memperhitungkan seluruh peralatan. Peralatan tersebut meliputi semua kebutuhan yang digunakan untuk memulai usaha. Peralatan pembuatan tahu sebenarnya tidak begitu banyak sehingga bisa dicicil.

Namun semua peralatan harus lengkap lantaran produksi membutuhkan semua keperluan tersebut. Agar peralatan awet dan tahan lama, Kamu perlu menggunakan sesuai dengan prosedur. Hal ini juga bertujuan untuk menghasilkan tahu berkualitas.

4. Pilih Bahan Berkualitas

Sebelum melakukan produksi tahu, Kamu perlu memilih bahan-bahan berkualitas. Hal ini lantaran bahan berpengaruh besar terhadap hasil produksi. Untuk mendapatkan bahan-bahan berkualitas Kamu bisa menghubungi pihak supplier atau petani kedelai.

Menurutku sebaiknya Kamu membeli seluruh bahan pokok dari tangan pertama. Biasannya pembelian di tangan pertama terlebih berjumlah banyak mendapatkan harga penawaran murah. Cara ini bisa dijadikan sebagai alternatif menghemat biaya modal.

5. Siapkan Tim yang Kompak

Rata-rata produksi tahu secara masal membutuhkan kerja sama dari tim yang kompak. Kamu bisa menjadikan indikator ini sebagai salah satu langkah mengembangkan usaha tahu home industri. Gunakan tim berjumlah kecil terlebih dahulu sebagai langkah awal. 

Jika produktivitas dari tahu sudah meningkat drastis, Kamu bisa langsung mempersiapkan tim berjumlah besar. Pastikan untuk rutin koordinasi agar kerja sama dalam usaha memberikan keuntungan berlipat ganda. 

FAQ

Berapa Modal yang Perlu dipersiapkan dalam Memulai Usaha Produksi Tahu Home Industri?

Modal pertama yang perlu dipersiapkan untuk memulai usaha tahu home industri mulai dari 30 - 40 juta. Namun keuntungan yang bisa didapat juga jauh lebih besar terlebih jika penjualan meningkat. 

Bagaimana Cara Mengetahui Keberhasilan Produksi Tahu?

Untuk mengetahui keberhasilan produksi tahu diperlukan langkah evaluasi. Langkah tersebut dimulai dengan mengetahui kekurangan dan kelebihan usaha produksi tahu yang dijalankan. 

Usaha tahu home industri menjadi salah satu cara meraup keuntungan besar. Untuk memulai usaha ini menurutku Kamu harus pandai mencari peluang pemasaran agar penjualan meningkat. Hal ini bisa dilakukan dengan belajar marketing melalui sumber artikel di website Kami.

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar