Dijamin Sukses, Ini Cara Memulai Usaha Sablon Kaos

 

Ilustrasi usaha sablon kaos
Ilustrasi usaha sablon kaos

CariUang - Usaha sablon kaos belakangan ini memang sedang banyak ditempuh oleh berbagai pelaku bisnis. Hal ini seiring dengan dilakukannya pesta demokrasi bulan sepan. Banyak desain sablon kaos yang bermuncukan dengan bentuk yang unik-unik. 

Bagaimana Cara Memulai Usaha Sablon Kaos?

Sebelumnya membuat usaha di bidang sablon kaos, Kamu harus punya strategi sekaligus perisapan matang. Menurut pelaku usaha di bidang ini, keahlian dalam desain dan pengoperasian perangkat komputer diperlukan. Berikut cara memulai bisnis sablon:

1. Menentukan Target Konsumen

Langkah pertama yang bisa Kamu tempuh sebelum memulai usaha di bidang sablon kaos yakni menentukan target konsumen. Untuk apa dibuat target? Pembuatan target konsumen perlu dilakukan dengan tujuan mengetahui sasara produksi sablon kaos. 

Misal target konsumen anak-anak maka Kamu harus buat desain sablon yang sesuai dengan kalangan tersebut. Hal ini bertujuan agar memudahkan penjualan dan promosi hasil sablon kaos. Menurut pengalamaku cara ini juga mampu memuaskan batin pembeli. 

2. Terapkan Teknik Sablon

Menurut pengakuan dari pelaku usaha di bidang sablon, terdapat teknik sablon yang harus Kamu pilih. Ada berapa teknik sablon? Terdapat 3 jenis teknik yang bisa Kamu pilih salah satu. Pilih yang dianggap paling mudah dan peralatan sudah tersedia. 

3 jenis teknik tersebut meliputi digital, manual dan DTG. Jenis digital membutuhkan peralatan sablon kaos berupa printer, striker, kertas transfer dan lain-lain. Sementara' manual butuh peralatan sablon kaos berupa alat printer khusus. Jenis DTG butuh alat screen sablon dan triplek. 

3. Modal

Menurut pengalamaku pribadi, dalam memulai usaha di bidang apapun tentu diperlukan persiapan modal. Modal tersebut menjadi pondasi utama dalam mendirikan usaha. Kamu juga wajib mendirikan tempat khusus agar tidak ganggu aktivitas orang lain. 

Modal yang perlu Kamu persiapan untuk memulai usaha ini mulai dari 25 - 30 juta. Namun besar modal yang harus dikeluarkan untuk usaha sablon kaos juga dipengaruhi oleh teknik pilihan. Oleh sebab itu, penting bagi Kamu memilih teknik yang sesuai. 

4. Kreatif dan Selektif

Menurut pengalamaku pribadi, dalam usaha di bidang sablon kaos Kamu harus punya kreativitas tinggi. Kreativitas tinggi membantu Kamu untuk menciptakan sablon kaos yang laris manis dan digemari oleh sejumlah kalangan termasuk target konsumen. 

Usaha sablon juga membutuhkan bahan baku berupa kaos polosan. Kamu bisa memilih kaos sesuai dengan request dari permintaan konsumen. Hal ini membuat kepuasan pelanggan selalu terpenuhi dengan baik sehingga usaha mempunyai citra positif. 

5. Kerja Sama

Beberapa pelaku usaha di bidang sablon kaos menjelaskan, untuk menjajakan hasil sablon rata-rata mereka bekerja sama dengan sejumlah outlet. Outlet tersebut meliputi butik baju, toko-toko pakaian dan busana dan masih banyak lagi. 

Kamu juga bisa membuat kerja sama dengan pihak-pihak tertentu untuk menghasilkan pendapatan berjumlah tinggi. Cara ini juga membantu Kamu untuk meningkatan eksabilitas usaha di bidang sablon kaos

6. Promosi

Tahapan yang tidak kalah penting dalam usaha di bidang sablon yakni promosi. Sebelum itu pastikan desain sablon kaos menarik dan unik sehingga promosi mudah menembus pasaran. 

Bagaimana cara promosi? Kamu bisa membuat postingan tentang produk sablon kaos dan membagikannya pada sejumlah target pelanggan. Tidak hanya itu saja, Kamu juga bisa promosi dengan memanfaatkan sejumlah situs jualan online atau marketplace. 

Usaha sablon kaos bisa maju jika Kamu pandai untuk menyusun strategi bisnis. Tingkatkan kreativitas dan keahlian desain agar usaha di bidang sablon meningkat. Pelajari juga usaha lain dengan membaca artikel di website ini.

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar