Cara Membangun Usaha Bengkel Motor dengan Modal Minim

 

Usaha bengkel motor bisa efektif jika tim terlibat punya keahlian mumpuni
Usaha bengkel motor bisa efektif jika tim terlibat punya keahlian mumpuni

CariUang - Terkadang sebagian orang nekat membuka usaha hanya dengan bermodalkan niat dan keahlian. Hal tersebut dapat ditempuh dengan membuka usaha bengkel motor. Modal awal yang diperlukan memang tidak banyak namun untung. 

Bagaimana Cara Membangun Usaha Bengkel Motor ?

Untuk membangun bengkel tentu Kamu harus menyiapkan sejumlah peralatan. Tidak perlu langsung membeli peralatan dalam jumlah besar, Kamu bisa menerima layanan perbaikan dari skala terkecil. Berikut cara agar usaha bengkel memberikan untung:

1. Mencari Lokasi Usaha

Langkah pertama yang perlu kamu terapkan untuk membuka usaha di bidang bengkel motor yakni mencari lokasi strategis. Lokasi strategis bisa di pinggir jalan, dekat pusat perbelanjaan, dan daerah-daerah yang berpotensi dikunjungi oleh sejumlah konsumen. 

Usahakan mencari lokasi bengkel yang mudah dijangkau dan berada di keramaian. Kenapa lokasi harus dipilih dengan selektif? Menurut pengalamanku dalam mencari bengkel, lokasi menjadi indikator pertimbangan bagi hampir semua orang. 

2. Menghitung Modal dan Membuat Rencana Usaha

Setelah mengetahui lokasi untuk membuat bengkel sejumlah pelaku usaha pasti akan merencanakan strategi bisnis hingga menghitung modal. Berapa modal yang diperlukan untuk membangun bengkel? Modal yang diperlukan mulai dari 40 - 70 juta. 

Perencanaan usaha harus dilakukan dari awal mulai dari persiapan biaya, operasional, layanan, hingga tenaga kerja terlibat. Dalam mengupayakan hal ini Kamu harus mempunyai keahlian dalam perencanaan dan kontrol bisnis yang berlangsung. 

3. Mencari Tenaga Kerja

Menurut pengakuan sejumlah orang, rata-rata mereka akan mencari bengkel motor yang sudah berpengalaman dan memiliki montir ahli. Kamu bisa mengupayakan hal tersebut dengan melakukan rekrutmen montir yang punya keahlian di bidang otomotif. 

Mencari tenaga kerja yang ahli di bidang otomotif memang bukan hal mudah. Namun Kamu bisa melakukan tes terlebih dahulu agar mengetahui kemampuan calon tenaga kerja tersebut. Montir ahli dan berpengalaman mampu memberi penanganan tepat

4. Penyediaan Layanan

Usaha bengkel motor harus dilengkapi dengan sejumlah layanan seperti tambal ban, ganti oli, isi ulang minyak rem, dan lain-lain. Layanan tersebut bisa Kamu wujudkan secara keseluruhan jika memilih montir yang telah ahli dan berpengalaman. 

Pastikan sejumlah layanan dilengkapi dengan perlengkapan mumpuni. Penting juga bagi Kamu untuk meningkatkan loyalitas karyawan dengan memberi gaji tepat waktu. Terapkan kebiasaan ramah kepada konsumen agar pemasukan bengkel stabil. 

5. Panggilan Service 

Beberapa pelaku usaha di bidang otomotif kerap menambahkan layanan tambahan berupa panggilan derek, hingga service di lokasi-lokasi tertentu. Namun, layanan ini biasanya diterapkan oleh sejumlah bengkel yang telah memiliki karyawan banyak.

Menambah layanan berupa call service membuat bengkel yang Kamu jalankan semakin dipercaya sejumlah orang. Untuk mengupayakan layanan ini Kamu perlu mengupayakan respon cepat. Respon cepat semakin terjamin jika Kamu pakai jasa CS. 

6. Promosi

Sejumlah pelaku usaha di bidang bengkel juga kerap melakukan promosi. Untuk apa promosi perlu dilakukan? Promosi perlu dilakukan agar bengkel milikmu dikenal oleh banyak orang. Promosi bisa dilakukan dengan memasang baliho di pinggir jalan. 

Pastikan membayar pajak iklan agar tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari. Promosi bisa juga diupayakan dengan memanfaatkan sejumlah sosial media seperti Instagram, tik tok dan masih banyak lagi. 

Sejumlah langkah tersebut bisa Kamu upayakan untuk meningkatkan usaha bengkel motor. Tingkatkan keahlian di bidang otomotif dan marketing digital agar bengkel semakin ramai. Hal ini bisa diupayakan dengan membaca artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar