Cara Budidaya Ikan Gurame yang Berpotensi Hasilkan Untung Gede

 

Budidaya ikan gurame bisa optimal jika seluruh prosedur terpenuhi dengan baik
Budidaya ikan gurame bisa optimal jika seluruh prosedur terpenuhi dengan baik


CariUang - Gurame merupakan salah satu diantara banyaknya jenis ikan yang cukup laku di pasaran. Budidaya ikan gurame seringkali dijadikan sebagai salah satu bentuk usaha untuk menghasilkan keuntungan berlipat ganda. Terlebih potensialnya tinggi. 

Bagaimana Cara Budidaya Ikan Gurame?

Untuk membudidayakan ikan gurame terdapat berbagai macam strategi yang harus Kamu tempuh. Menurut petani ikan, budidaya gurame kurang lebih sama dengan nila. Berikut ini cara membudidayakan gurame untik usaha menengah ke atas:

1. Buat Kolam

Tahap pertama yang perlu Kamu tempuh sebelum melakukan budidaya gurame yaitu menyiapkan kolam. Buat lokasi yang strategis agar memudahkan Kamu untuk melakukan pengontrolan. Lokasi strategis biasanya tidak jauh dari rumah petani. 

Menurutku pembuatan kolam bisa disesuaikan dengan kapasitas ikan gurame yang akan dibudidayakan. Hal ini bertujuan agar kolam yang dibuat tidak menjadikan gurame stress. Dalam membuat kolam, Kamu harus memakai keahlian mengira-ngira. 

2. Pemilihan Bibit

Jika kolam yang tadi dibuat sudah selesai, Kamu bisa memilih bibit secara langsung. Bagaimana cara mendapatkan bibit ikan gurame? Untuk mendapatkan bibit ikan gurame Kamu bisa melakukan pembelian terhadap petani yang telah ahli di bidangnya. 

Sejumlah petani beranggapan bahwa bibit ikan gurame yang sehat mempunyai bobot sekitar 100 gram. Tidak hanya itu saja, sejumlah petani juga menyarankan Kamu untuk membeli bibit gurame yang mempunyai panjang tubuh sekitar 2 cm. 

3. Pemberian Pakan

Menurutku berhasil tidaknya proses budidaya tergantung juga pada pemberian pakan. Usahakan pakan yang Kamu berikan mengandung protein yang cukup sehingga pertumbuhan ikan gurame tidak terhambat begitu saja. 

Usahakan memberikan pakan selalu tepat waktu sehingga pola makan dari ikan gurame terjamin. Sebagian besar petani biasanya mencampuri pakan dengan irisan daun talas. Hal ini lantaran ikan gurame diklaim menyukai pakan yang berasal dari campuran. 

4. Pemeliharaan

Budidaya ikan gurame juga membutuhkan pemeliharaan yang baik dan benar. Tujuan pemeliharaan ini yakni proses budidaya memberikan hasil baik dan keuntungan yang didapatkan besar. Pemeliharaan dapat dilakukan dengan meletakkan enceng gondok. 

Enceng gondok pada budidaya gurame berfungsi sebagai alternatif menghalau sinar matahari langsung. Sejumlah petani juga beranggapan bahwa tanaman ini membuat air bersih. Namun, Kamu juga wajib membersihkan kolam setidaknya 1 bulan sekali. 

5. Proses Panen

Tahapan yang dinantikan sejumlah petani yaitu proses panen. Kamu bisa memanen ikan gurame jika bibit yang telah disebar tadi mempunyai umur sekitar 5 bulan. Pastikan gurame tersebut mempunyai bobot sekitar 70 ons. 

Hindari panen ikan gurame terlalu dini atau kecil lantaran akan mengurangi nilai jual ikan tersebut. Panen gurame yang sekiranya sudah memenuhi permintaan dari pasar sehingga keuntungan dari usaha tersebut cukup menjanjikan. 

FAQ

Berapa Modal yang diperlukan untuk Budidaya Gurame?

Menurutku modal yang diperlukan untuk budidaya gurame tergantung dengan skala usaha. Namun Kamu harus menyiapkan uang setidaknya sekitar 10 juta untuk menekuni bidang usaha satu ini. 

Apakah Ikan Gurame Bisa dibudidayakan Memakai Kolam Terpal?

Sama dengan ikan pada umumnya, gurame dapat dibudidayakan dengan memakai kolam terpal. 

Apa Langkah yang Perlu ditempuh Pasca Panen?

Langkah yang perlu ditempuh pasca panen yaitu evaluasi. Menurutku langkah ini bertujuan untuk mengetahui kekurangan budidaya sebelumnya. 

Budidaya ikan gurame cukup menjanjikan lantaran bisa dilakukan di daerah perkotaan ataupun desa. Cara budidaya gurame cukup mudah sehingga bisa diterapkan semua orang. Pelajari trik lain dengan membaca artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar