Analisis Bisnis Jamu Tradisional, Perhatian Hal Ini agar Tidak Rugi

 

Bisnis jamu tradisional bisa laris jika Kamu menawarkan berbagai jenis
Bisnis jamu tradisional bisa laris jika Kamu menawarkan berbagai jenis

CariUang - Jamu herbal atau ramuan tradisional yang terbuat dari sejumlah bahan alami bisa dijadikan sebagai alternatif bisnis. Bagaimana caranya? Kamu bisa membuat bisnis jamu tradisional dengan memanfaatkan sejumlah bahan-bahan alami. 

Bagaimana Cara Membuat Bisnis Jamu Tradisional?

Untuk menjadi pengusaha jamu tradisional, Kamu harus menempuh sejumlah alternatif. Alternatif tersebut berkaitan dengan planning atau rencana bisnis ke depannya. Berikut ini cara memulai usaha pembuatan jamu herbal atau ramuan tradisional modal minim:

1. Pilih Jenis Jamu 

Menurut pengakuan pelaku usaha pembuatan jamu, menentukan jenis produksi akan memudahkan penjualan. Terdapat beberapa jenis ramuan tradisional yang bisa Kamu produksi dan dititipkan ke warung jamu. Pilih jenis yang paling banyak diminati. 

Beberapa jenis jamu yang laris dan potensial meliputi beras kencur, parem, dan masih banyak lagi. Lakukanlah riset agar jenis jamu yang dijual laris manis di pasaran. Biasanya penjualan jamu dilengkapi dengan telur Jawa. Kamu bisa upayakan hal itu. 

2. Mencari Bahan Berkualitas

Menurut pengakuan sejumlah pengusaha jamu tradisional, untuk meningkatkan penjualan diperlukan kualitas. Hal itu bisa diupayakan dengan mencari bahan-bahan berkualitas. Bahan berkualitas untuk membuat jamu herbal berasal dari rempah.

Kamu bisa mencari bahan baku tersebut dengan mengupayakan supplier ataupun menghubungi petani langsung. Menurut pengalamanku dalam mencari rempah sebagai bahan jamu tradisional, Kamu bisa mendatangi sejumlah pasar lama. 

3. Buat Racikan Jamu

Menurut pengalamanku dalam melihat usaha pembuatan jamu, jika bahan sudah ada maka Kamu tinggal meracik. Buat jamu sesuai dengan takaran dan selera banyak orang sehingga nantinya penjualan lebih mudah. 

Dalam membuat racikan jamu dibutuhkan keahlian membuat minuman. Kamu bisa mencicipi jamu terlebih dahulu untuk memastikan rasa sudah sesuai atau belum. Menurut pengakuan sejumlah pembeli, jamu tradisional akan bermanfaat.

4. Buat Kemasan Produk

Setelah racikan selesai dibuat, langkah berikutnya yaitu buat kemasan yang unik agr warung jamu milikmu laris manis. Upayakan kemasan tersebut beda dari yang lain agar memikat hati banyak pelanggan. 

Kemasan produk jamu bisa Kamu upayakan dengan botol kaca ataupun plastik. Kenapa produk kemasan sangat berpengaruh? Menurut pendapat sejumlah orang, segala sesuatu dilihat dari kemasan. Jadi penting bagi Kamu mengupayakan kemasan produk. 

5. Promosi

Pengusaha jamu tradisional kerap melakukan promosi agar penjualan meningkat. Promosi warung jamu milik Kamu membuat target penjualan mudah ditempuh. Tidak hanya itu saja, Kamu bisa meningkatkan branding perusahaan dengan cara promosi. 

Usahakan untuk memanfaatkan sejumlah media agar promosi berjalan dengan lancar. Menurut pelaku usaha yang telah handal, promosi di sosial media bisa dilakukan dengan membagikan konten terkait dengan produk bisnis jamu tradisional. 

FAQ

Berapa modal yang diperlukan untuk memulai usaha pembuatan jamu tradisional?

Usaha jamu tradisional membutuhkan modal yang tidak begitu banyak. Kamu hanya perlu menyiapkan modal mulai dari 2-5 juta. 

Bagaimana cara menjual jamu tradisional?

Penjualan jamu tradisional bisa dilakukan dengan cara menitipkan ke kedai, membuat warung hingga jualan secara keliling. 

Berapa lama jamu tradisional bisa bertahan?

Karena pembuatan jamu tradisional berasal dari bahan rempah-rempah alami jadi ketahanan tidak begitu lama. Biasanya jamu hanya bertahan dalam kurun waktu 2 hari. 

Itulah sejumlah trik bisnis jamu tradisional yang bisa Kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Gunakan keahlian riset pasar agar target penjualan jelas. Pelajari juga trik bisnis lainnya dengan cara membaca artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar