Prospek Kerja Jurusan Administrasi, Cek Ini Biar Tidak Nyesal!


Prospek jurusan administrasi sangat luas dan beragam


CariUang - Kerja merupakan tindakan yang dilakukan untuk mendapatkan penghasilan. Rata-rata orang berharap kerja dengan kemampuan yang dimiliki. Hal ini juga berlaku bagi mereka yang mengambil jurusan administrasi.

Jurusan Administrasi Bisa jadi Apa?

Lulusan administrasi banyak diminati oleh banyak orang lantaran diklaim mampu menembus sejumlah bidang kerja. Padahal faktanya tidak semua orang bisa menjangkau bidang kerja tersebut. Berikut beberapa bidang kerja lulusan administrasi:

1. Staff Administrasi

Prospek kerja utama yang bisa dicoba oleh Kamu yang lulus dari jurusan administrasi yakni menjadi bagian staff suatu perusahaan. Hampir semua perusahaan ternama membutuhkan staff Administrasi untuk mengurus seluruh keperluan instansi tersebut.

Pengalaman saya pribadi, setelah lulus dari jurusan administrasi sempat bekerja sebagai staff resepsionis. Bidang kerja ini membutuhkan kemampuan berupa publik speaking, problem solving dan kemampuan mengoperasikan sejumlah perangkat office.

2. Konsultan Bisnis

Dalam jurusan administrasi biasanya membahas beberapa bisnis dan prosedur dalam melakukan penanganan. Hal ini dapat dijadikan sebagai modal utama untuk mencoba bekerja di bidang konsultan bisnis. 

Layanan konsultan bisnis ini sangat diperlukan bagi perusahaan untuk mencapai tujuan bersama. Dalam menjalankan bidang kerja ini, Kamu harus memiliki kemampuan dalam menyelesaikan suatu permasalahan atau sering disebut problem solving. 

3. Event Planner

Bagi Kamu yang doyan melakukan sejumlah kegiatan atau event sangat cocok untuk mencoba bidang pekerjaan sebagai Event planner. Pekerjaan utama dari Event planner yaitu merencanakan dengan matang suatu acara hingga selesai sesuai harapan awal.

Dalam pekerja ini selalu mengutamakan koordinasi dan kerja sama antara tim. Oleh sebab itu, sebelum melamar pekerjaan di bidang Event planner pastikan Kamu mempunyai keahlian dalam hal kontroling dan leadership sehingga acara lancar. 

4. Management Trainee

Prosepek kerja jurusan administrasi berikutnya yaitu sebagai Management trainee. Bidang kerja ini cocok bagi Kamu yang suka mempelajari hal-hal baru dalam dunia kerja. Management trainee memiliki tanggung jawab untuk mempelajari info usaha. 

Dalam bidang kerja ini, Kamu disarankan untuk menguasai semua bidang di perusahaan sehingga wajib mempunyai kemampuan ganda mulai dari publik speaking, problem solving, anaysis data, mengoperasikan perangkat office dan masih banyak lagi.

5. Resepsionis

Orang yang berasal dari lulusan jurusan administrasi juga cocok menempati posisi kerja sebagai staf resepsionis. Dalam bidang kerja ini dibutuhkan kemampuan publik speaking yang tinggi dan kemampuan untuk mudah berbaur dengan banyak orang. 

Hal ini lantaran staff resepsionis bekerja di bagian depan sehingga harus bertemu dan menyambut banyak orang. Tugas utama dari seorang resepsionis yaitu memberikan informasi sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki oleh tamu sehingga layanan maksimal

6. Customer Service

Sama dengan resepsionis, lulusan dari jurusan administrasi juga cocok mencoba bidang kerja sebagai customer service. Tugas dari customer servis sama persis dengan resepsionis. Sehingga tidak jarang perusahaan hanya memakai posisi tunggal. 

Pekerjaan sebagai customer servis harus bisa membantu tamu dalam mencari solusi sekaligus menjawab seluruh pertanyaan yang diutarakan. Terdapat 2 jenis customer servis yaitu online dan offline. Keduanya memiliki peran cukup besar bagi suatu bisnis.

Sebelum mengambil jurusan pastikan dulu tujuan setelah lulus mau mengambil bidang kerja apa. Setelah mengetahui prospek kerja jurusan administrasi di atas, Kamu bisa mulai mempelajari skill dan kemampuan yang harus dimiliki sesuai bidang yang diambil.

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar