Mudah dan Lengkap, Berikut Cara Jualan di Amazon untuk Pemula



CariUang - Panduan mengenai cara jualan di Amazon untuk pemula berikut ini akan sangat berguna bagi Anda yang ingin mencoba peruntungan baru. Karena Amazon merupakan perusahaan asal Amerika Serikat yang memang fokus pada e-commerce.

Sehingga barang-barang yang ditawarkan di platform ini juga sangat beragam. Mulai dari barang elektronik, fashion, food hingga layanan digital juga ada. Amazon sendiri merupakan pelopor e-commerce yang saat ini layanannya sudah menjangkau seluruh dunia.

 

Mengenal Lebih Dekat Amazon.com



Pendiri dari Amazon adalah Jeff Bezos yang awalnya membuat platform ini untuk menjual buku secara online. Namun ternyata platform ini justru berkembang dan menjadi pasar daring terbesar yang menyediakan berbagai kebutuhan.

Amazon bahkan diklaim sebagai perusahaan e-commerce paling berpengaruh pada perekonomian seluruh dunia. Karena perusahaan ini mampu menyumbang lebih dari 50% dari pendapatan toko online yang ada di seluruh dunia.

 

Panduan Cara Jualan di Amazon untuk Pemula



Dengan fakta tersebut, maka tidak heran jika Anda bisa mencoba peruntungan dengan cara berjualan di platform ini. Dan bagaimana caranya? Berikut ini panduan lengkap mengenai cara jualan di Amazon:


1. Membuat Akun Seller

Langkah pertama yang harus Anda lakukan tentu adalah dengan membuat akun penjual. Kunjungi situs resmi Amazon lalu daftarkan diri Anda sebagai akun personal.

Selanjutnya klik menu Account & List yang terletak di kanan atas halaman ini. Lalu isi data yang dibutuhkan untuk proses pendaftaran.

Kemudian klik Continue lalu Anda akan diminta untuk memasukkan kode OTP yang dikirimkan melalui nomor HP atau email yang Anda daftarkan.

 

2. Mulai Jualan

Setelah berhasil mendaftar dan memiliki akun, maka selanjutnya adalah Anda bisa mulai jualan. Pilih opsi Yout Seller Account yang ada di pojok kanan atas. Lalu Anda pun, akan diarahkan untuk menuju ke halaman baru.

Di sini Anda akan dihadapkan dengan dua opsi yakni, Individuals Seller dan Professional Seller. Sebagai pemula, Anda bisa memilih opsi Individuals Seller saja ya. agar bebas biaya penjualan dan pasang iklan.

 

3. Isi Data Diri dan Lakukan Verifikasi

Selanjutnya Anda akan diminta untuk menginput informasi diri mulai dari nama, alamat pembayaran hingga informasi kartu kredit.

Lakukan verifikasi untuk nomor telepon dengan memasukkan nomor telepon yang bisa dihubungi lalu klik tombol perintah Call Now. Setelah itu, Anda tinggal menunggu panggilan otomatis dari Amazon yang memberikan informasi mengenai kode pin angka 4 digit.

Masukkan kode tersebut di kolom yang tersedia lalu klik tombol perintah Register and Continue.

Dan akun Anda kini sudah siap untuk berjualan.

 

4. Buat Daftar dan Jenis Barang Jualan

Langkah berikutnya adalah dengan menyelesaikan pembuatan lapak online Anda di Amazon. Caranya adalah dengan membuat daftar dan jenis barang yang akan Anda jual. Namun Anda harus login terlebih dahulu.

Di sini, Anda harus mencantumkan nama lengkap, email serta password untuk masuk ke akun Anda ya.

 

5. Cari Jenis Produk yang Ingin Anda Jual

Berikutnya Anda bisa mencari jenis produk yang ingin Anda jual. Anda bisa memilih kategori mana yang sesuai dengan produk yang Anda punya. Sekaligus cari kata kunci produk yang tepat ya.

Cara ini Anda perlukan agar produk yang Anda jual bisa ditemukan oleh pembeli dengan mudah. Kata kunci yang Anda masukkan pun, harus mampu mencakup nama barang, hingga edisi produk yang Anda jual.

Platform Amazon sendiri nantinya juga akan memberikan daftar item terbaru yang bisa Anda beli lewat databasenya ya. Dengan begitu, jika Anda ingin menjual salah satu item tersebut maka Anda bisa memilihnya dari daftar yang diberikan oleh Amazon.

Lanjutkan dengan memilih menu Sell You’re here, jika Anda sudah menemukan kategori yang cocok ya.

 

6. Memasukkan Deskripsi Produk Sesuai dan Lengkap

Di sini Anda bisa memasukkan deskripsi produk yang ingin Anda jual. Mulai dari kondisi barang, ukuran, warna, detail barang bahkan hingga beratnya juga ya.

Hal ini harus Anda lakukan agar pembeli tidak bingung dan tidak harus bertanya lagi pada seller karena informasi yang tertera sudah lengkap.

 

7. Periksa Kembali Produk yang Anda Jual

Nah, cara jualan di Amazon berikutnya yang sangat penting bagi pemula adalah dengan menjaga dan memastikan jika produk yang Anda jual tidak mengecewakan pembeli. Dengan cara selalu memeriksa keadaan dan kondisi barang sekaligus kualitasnya.

Di sini Anda juga bisa mencantumkan kondisi barang dengan berbagai opsi yang sudah disediakan. Mulai dari New, Used Like New, Used Good, Used Very Good hingga Used Acceptable. Pilih opsi ini dan gunakan untuk menandai produk Anda.

Hal ini akan meningkatkan kepercayaan customer karena Anda memberikan keterangan barang sesuai dengan fakta dan apa adanya.

 

8. Menentukan Harga

Bagian terakhir sebagai cara jualan di Amazon untuk pemula tentu saja adalah dengan menentukan harga. Namun pastikan harga yang Anda berikan tersebut sesuai dengan produk yang Anda jual. Serta kompetitif yang artinya tidak lebih mahal dari kompetitor ya.

 

Nah, rupanya cara jualan di Amazon sendiri cukup mudah loh. Asalkan Anda terus mau berusaha dan belajar bagaimana cara berjualan dan teknik promosi yang benar. Maka Anda bisa mendapatkan penghasilan dari berjualan di platform e-commerce terbesar di dunia ini ya.

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar