Keuntungan dan Tantangan Bisnis Waralaba Makanan

 


CariUang - Bisnis waralaba makanan adalah salah satu bentuk investasi yang menarik dan dapat menjadi peluang besar bagi Anda, yang baru mulai terjun ke dunia bisnis.

Waralaba adalah suatu bentuk kerja sama bisnis antara pemilik merek atau pemilik bisnis utama dengan individu atau pengusaha yang ingin membuka bisnis serupa. Dalam konteks makanan, pemilik merek biasanya telah mengembangkan konsep bisnisnya terlebih dahulu.

Dengan merancang menu dan membuat sistem operasional untuk bisnis dan mengembangkannya hingga sukses. Setelah sukses maka pemilik merek kemudian akan menjual hak penggunaan merek dan sistem bisnis mereka kepada pihak yang berminat. Yang nantinya akan disebut sebagai "franchisee" atau pemilik waralaba.

Pemilik waralaba akan memiliki kendali atas bisnis mereka sendiri, akan tetapi mereka harus mengikuti pedoman dan standar yang telah ditetapkan oleh pemilik merek. Dalam bisnis kuliner, hal tersebut mencakup resep, metode persiapan, peralatan yang digunakan hingga bahkan dekorasi restoran.

Tujuannya adalah untuk memastikan konsistensi dalam kualitas dan pengalaman bagi pelanggan, yang merupakan salah satu alasan utama mengapa bisnis waralaba dianggap memiliki banyak keuntungan.

 

Keuntungan Memilih Waralaba Makanan Bagi Pemula



Nah, berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menjalankan bisnis waralaba di bidang kuliner:

 

1. Konsep Bisnis yang Sudah Sukses dan Teruji

Salah satu keuntungan utama memilih waralaba di bidang kuliner  adalah bahwa Anda akan mendapatkan akses ke konsep bisnis yang telah teruji dan sebelumnya sudah sukses. Anda pun, akan menjalankan merek yang sudah dikenal oleh masyarakat. Sehingga tidak perlu susah payah membangun bisnis dari awal.

Bagi pemula, jenis bisnis ini juga terbilang lebih aman dan jauh dari resiko kerugian yang besar.

 

2. Mendapatkan Dukungan dan Pelatihan Khusus

Umumnya pemilik merek akan memberikan pelatihan yang mendalam untuk pemilik waralaba. Seperti pelatihan mengenai cara mengoprasikan bisnis, memasak makanan, mengelola staf hingga aspek-aspek lain yang diperlukan untuk menjalankan bisnis dengan sukses.

Anda juga mendapatkan dukungan dalam hal periklanan, pemasok dan bahkan manajemen inventaris.

 

3. Membagi Keuntungan Bersama

Sebagian besar pemilik merek akan meminta royalti atau pembagian keuntungan dari pendapatan bulanan. Meskipun ada juga pemilik merek yang hanya menjual konsep dagang dari awal sehingga untuk menjalankan bisnis waralaba makanan Anda hanya perlu menyiapkan modal awal saja.

 

4. Sudah Memiliki Pasar

Memang salah satu tantangan paling besar dalam sebuah bisnis kuliner adalah memulai dari awal untuk membangun pangsa pasar. Namun dengan waralaba yang sudah memiliki nama dan dikenal banyak orang.

Anda sudah memiliki pasar tersendiri dan tinggal menjual produk makanan Anda. Namun tentu hal tersebut bisa terwujud jika Anda bekerja sama dengan waralaba kuliner yang sudah sukses dan dikenal oleh banyak orang.

 

Tantangan Menjalankan Bisnis Waralaba Makanan Bagi Pemula



Bisnis ini memang memiliki banyak keuntungan, namun meski begitu ada banyak sekali tantangan yang harus Anda hadapi. Terutama jika Anda masih tergolong pemula dalam bisnis kuliner.

Dan berikut adalah beberapa tantangan yang harus Anda hadapi saat menjalankan bisnis ini:

 

1. Modal Awal

Untuk terjun ke dalam bisnis waralaba makanan, pastinya Anda membutuhkan modal awal agar dapat membeli biaya lisensi, membeli peralatan hingga biaya untuk sewa lokasi.

 

2. Mengikuti Standar

Sebenarnya mengikuti standar untuk menjalankan bisnis ini sesuai dengan pemilik merek waralaba tidak terlalu sulit. Namun tentunya hal tersebut juga susah susah gampang.

Karena meski semua konsep bisnis sudah ditentukan sehingga Anda hanya harus menjalankan bisnis kuliner saja. Namun di satu sisi, Anda juga akan menjadi lebih terbatas kreativitasnya dalam mengelola bisnis.

 

3. Persaingan yang Ketat

Bisnis industri makanan mempunyai persaingan yang sangat ketat, sehingga Anda harus mampu bersaing dengan restoran lain, baik yang sejenis maupun berbeda. Dan sudah pasti bisnis waralaba sejenis yang Anda jalankan juga memiliki banyak pesaing.

Sehingga agak sulit untuk berkembang karena ada banyak pebisnis lain yang memiliki konsep serta menjual jenis kuliner yang sama.

 

4. Jam Kerja yang Panjang

Bisnis makanan seringkali memerlukan jam kerja yang panjang, terutama pada awalnya. Anda harus siap bekerja keras untuk mengelola bisnis Anda dengan sukses.

 

5. Perubahan Tren Konsumen

Selera konsumen bisa berubah seiring waktu, sehingga Anda perlu bisa menyesuaikan menu dan konsep bisnis Anda agar tetap relevan.

 

Tips Sukses dalam Memiliki Waralaba Makanan



Jika Anda memutuskan untuk memulai bisnis ini, maka Anda wajib melihat tips sukses di bawah ini:

 

1. Pilih dengan Bijak

Pilih waralaba yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda dan pastikan Anda benar-benar menyukai produk atau layanan tersebut agar lebih mudah dalam mengelolanya.

 

2. Pelajari dengan Teliti

Sebelum mengambil keputusan, teliti dengan cermat mengenai waralaba yang Anda pilih. Periksa reputasi pemilik merek, peluang pertumbuhan hingga persyaratan kontrak.

 

3. Lakukan Riset Pasar

Kenali pasar Anda dengan baik, dengan cara mempelajari pesaing Anda dan tentukan strategi unik yang akan membuat bisnis Anda lebih menonjol.

 

4. Manajemen yang Baik

Manajemen yang baik sangat penting dalam bisnis makanan. Anda harus memiliki sistem yang efisien dalam mengelola inventaris, mengelola staf hingga mengawasi keuangan.

 

5. Pelayanan Pelanggan

Pelanggan yang puas cenderung kembali dan merekomendasikan bisnis Anda kepada teman dan keluarga. Maka Anda wajib meningkatkan pelayanan pelanggan.

 

6. Adaptasi terhadap Perubahan

Bisnis selalu berubah, terutama dalam industri makanan, sehingga Anda harus selalu siap untuk beradaptasi dengan perubahan tren dan kebutuhan pelanggan.

 

Nah, itulah tips memulai bisnis waralaba makanan dan keuntungannya jika Anda geluti bisnis ini sebagai pemula di bidang usaha kuliner.

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar