Gloria Elsa Hutasoit, Meraih Kebaikan Melalui Profesi Menyeramkan

Gloria Sela Hutasoit
Gloria Sela Hutasoit 
FB/ Gloria Sela Hutasoit 

 CariUang - Bagi beberapa orang jenazah merupakan hal yang menyeramkan lantaran berkaitan dengan orang meninggal dunia. Namun hal itulah tampaknya tidak berlaku pada wanita yang akrab disapa dengan julukan Gloria Elsa Hutasoit ini. 

Dirinya diketahui saat ini tengah menekuni bisnis rias jenazah. Bahkan jasa yang ditawarkan tersebut tidak semata-mata untuk mendapatkan bayaran. Dirinya seringkali memberikan layanan kepada masyarakat untuk make up jenazah secara cuma-cuma atau gratis. 

Untuk mengupayakan make up jenazah, wanita yang akrab disapa dengan julukan Gloria ini menerima berbagai macam sumbangan make up kadaluwarsa atau telah tidak digunakan oleh sejumlah kalangan masyarakat. 

Selanjutnya make up kadaluwarsa tersebut digunakan Gloria untuk merias jenazah secara cuma-cuma. Hal ini dilakukan oleh wanita cantik tersebut lantaran memiliki pengalaman dimana ada keluarga meninggal namun tidak mampu menyewa perias jenazah. 

Hasil riasan jenazah dari Gloria
Hasil riasan jenazah dari Gloria

"Awalnya sebenarnya gara-gara banyak saudara aku yang meninggal dan mereka tidak mampu untuk bayar make up jenazah karena mahal. Karena gini orang meninggal itu tidak persiapan. Yang meninggal kita enggak tahu punya tabungan atau tidak," ujarnya dilansir dari Kompas Selasa, (04/06/2024).

Gloria juga siap menerima panggilan dari semua masyarakat yang membutuhkan make up gratis terutama dari keluarga yang kurang mampu. 

"Kalau aku prinsipnya mau siapapun yang dalam keadaan meninggal kadang-kadang orangtuanya miskin anaknya kaya kita enggak tahu, dan tak perlu aku tanyain, aku jawab siapa pun itu yang meninggal mau orang kaya atau miskin, mau orang gila atau siapa saja saya akan datang. Karena aku tahu, ketika aku tidak dibayar itu pun nanti Tuhan akan perhitungkan rezekiku," ucap Gloria

Tidak sampai disitu saja, dirinya juga pernah ditinggal sang suami untuk selamanya dimana momen tersebut banyak bantuan terulur. Dari situ muncul suatu keharusan bagi Gloria untuk senantiasa berbuat kebaikan terhadap sesama. 

"Terus kebetulan suami aku 3 tahun lalu sakit-sakitan sampai akhirnya meninggal. Nah aku merasa Tuhan kasih berkah untuk aku dan keluarga, teman-teman banyak tolong. Aku hanya kembalikan apa yang Tuhan beri kepada aku dalam hidup. Ini modelnya melayani, karena aku pernah dalam posisi ditolong orang," sambungnya

Langkah Gloria memulai jasa perias jenazah mulai dilakukan sejak tahun 2018. Bahkan dirinya siap menerima panggilan rias jenazah di Gereja ataupun rumah sesuai dengan permintaan masyarakat. 

3 Januari 2018 Gloria sempat posting informasi bahwa dirinya menerima sumbangan make up bekas. Hal ini dilakukan oleh Gloria lantaran saat itu dirinya kehabisan alat make up untuk merias jenazah. 

"sempat nulis kayak gitu karena aku enggak punya lagi alat make up. Aku sampai sharing make up aku sendiri buat mereka (jenazah). Benar-benar habis ya modelnya memang butuh. Awalnya aku gengsi tapi aku mikir dari pada make up yang sudah enggak terpakai dibuang kan," tuturnya.

Minat Gloria menjadi perias jenazah ini muncul ketiak sering ikut ibunya dalam memandikan jenazah. Pasalnya ibu kandungnya berprofesi sebagai seorang perawat yang mana seringkali melakukan pengurusan terhadap jenazah. 

"Mamaku perawat, nah berbekal dari kecil lihat mama ngurusin pasien aku tau pekerjaan mama sangat mulia. Dan setiap ada orang yang meninggal di dekat rumahku atau gereja mama tanpa harus disuruh dia terpanggiln," kisahnya.

"Dari situ aku belajar berbekal ajaran orang tua jadi motivasi aku. Awalnya takut tapi lama kelamaan saya melihat jenazah itu setiap kematian itu ada ceritanya," lanjut dia.

Dalam rias jenazah Gloria sering mendapati berbagai macam keadaan. Namun menurutnya kondisi jenazah mulai dari memar hingga luka mempunyai cerita tersendiri. 

Hingga berita ini dimuat Gloria masih aktif dalam merias jenazah. Ditengah kesibukannya dirinya merupakan seorang MUA. Lebih lanjut wanita satu ini juga menerima orderan MUA. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar