Tidak Perlu Coding, Ternyata Segampang Ini Cara Membuat Aplikasi bagi Pemula

 

Cara membuat aplikasi bisa memanfaatkan platform tertentu
Cara membuat aplikasi bisa memanfaatkan platform tertentu

CariUang- Ekonomi digital membuat cari uang dapat dilakukan secara online dengan mengandalkan kemampuan dan internet. Salah satu alternatif yang kerap ditempuh sebagian orang yakni cara membuat aplikasi bagi pemula.

Table of Contents
 

Bagaimana Cara Membuat Aplikasi bagi Pemula?

Membuat aplikasi tanpa coding free dapat diupayakan dengan memanfaatkan sejumlah platform. Hal ini berdasarkan penelitian yang telah Aku tempuh dengan memanfaatkan sejumlah jurnal dan ilmiah. Berikut cara membuat aplikasi tanpa coding free:

1. Pilih Platform Pembuatan Aplikasi

Menurut sejumlah pengembang yang telah berpengalaman, cara membuat aplikasi tanpa coding free dapat dilakukan dengan memakai sejumlah platform terpercaya. Apa saja platform yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi tanpa coding?

Beberapa platform yang bisa digunakan untuk pembuatan aplikasi meliputi MIT App Inventor, Appy Pie dan masih banyak lagi. Pilih aplikasi yang dirasa paling mudah atau melihat ulasan paling banyak dengan begitu proses pengembangan berjalan lancar. 

2. Melakukan Registrasi dan Pembuatan Akun

Jika platform untuk membuat aplikasi Android online sudah berhasil dipilih, maka tahapan selanjutnya yakni melakukan registrasi akun. Untuk menempuh tahapan ini Kamu harus menyiapkan akun email atau google yang masih aktif. 

Pastikan membuat kata sandi dan mengikuti instruksi sesuai platform bersangkutan agar proses membuat aplikasi android berjalan lancar. Setiap platform pembuatan aplikasi tentu memiliki prosedur dan tahapan yang berbeda-beda.

3. Memilih Template Desain 

Setiap platform untuk membuat aplikasi android pasti menyediakan template desain yang beragam. Kamu bisa memilih salah satu template yang paling unik dan membuat orang tidak mudah bosan. Cara ini dapat dijadikan sebagai salah satu strategi marketing.

Menurut pendapat dari pengembang aplikasi, hampir semua orang menjadikan template desain sebagai pertimbangan saat akan download perangkat tertentu. Biasanya desain terlalu rumit cenderung susah digunakan dan membuat ponsel terasa lemot. 

4. Membuat Sejumlah Fitur

Cara membuat aplikasi android untuk pemula bisa diupayakan dengan menambahkan sejumlah fitur menarik. Fitur apa saja yang dibutuhkan? Menurut pendapat sejumlah pengembang aplikasi, fitur yang perlu disediakan menyesuaikan tujuan pembuatan. 

Pastikan fitur tersebut dibuat dengan optimal. Kamu bisa menyediakan berbagai fitur baik gratis ataupun berbayar. Dengan menyediakan fitur pada aplikasi pengguna bisa memanfaatkannya sesuai kebutuhan.

5. Uji Coba

Berdasarkan pengalamanku pribadi, beberapa pengembang aplikasi akan melakukan uji coba sebelum publikasi. Bagaimana cara uji coba? Uji coba dilakukan dengan memanfaatkan jasa tester. Cara membuat aplikasi android untuk pemula dengan trik ini cukup efektif. 

Dengan melakukan uji coba Kamu bisa mengetahui kekurangan dan kelebihan pada aplikasi. Lakukan evaluasi atau perbaikan jika terdapat sejumlah kekurangan pasca uji coba. Lakukan uji coba tidak hanya satu kali agar hasil perancangan aplikasi sesuai harapan.

6. Publikasi Aplikasi

Cara membuat aplikasi android untuk pemula berikutnya yakni publikasi. Tahapan publikasi ini dilakukan setelah semua proses terselesaikan dengan baik. Dimana publikasi aplikasi dilakukan? Kamu bisa publikasi pada situs jual beli aplikasi. 

Publikasi aplikasi bisa dilakukan dengan memakai google play store
Publikasi aplikasi bisa dilakukan dengan memakai google play store 

Beberapa orang memilih google play store sebagai sarana untuk publikasi aplikasi. Sertakan deskripsi hingga gambar sebagai acuan penggunaan. Setelah aplikasi berhasil dipublikasikan, orang lain bisa langsung download di perangkat masing-masing. 

Cara membuat aplikasi bagi pemula bisa ditempuh dengan panduan tersebut. Namun, jika Kamu punya keahlian coding hasil yang diperoleh lebih optimal. Pelajari sejumlah trik bisnis lainnya dengan baca artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar