Ide Usaha Rumahan yang Mudah Dijalankan

 


CariUang - Ada banyak sekali ide usaha rumahan yang bisa Anda jalankan bahkan dengan modal yang kecil dan sebagai pemula yang belum paham bidang bisnis ya. Namun asalkan ada niat, pastinya Anda bisa memulai bisnis meski hanya di rumah saja kok.

 

Ide Usaha Rumahan yang Mudah Dijalankan untuk Pemula



Sebagai seorang pemula di bidang bisnis, pastinya Anda akan merasa bingung saat pertama kali akan mencoba terjun ke dunia bisnis. Mulai dari bagaimana caranya atau mau mulai bisnis apa.

Padahal asal ada niat, Anda pasti bisa menjalankan bisnis dengan berapapun modal yang Anda punya dan memanfaatkan berbagai hal yang ada di sekeliling Anda saat ini. Misalnya saja memanfaatkan rumah sebagai lokasi berbisnis agar lebih mudah dikerjakan dan pasti tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk biaya sewa.

Dan berikut ini adalah beberapa ide usaha rumahan yang bisa Anda coba mulai dari awal:

 

1. Bisnis Kuliner

Bisnis atau usaha rumahan paling mudah untuk dikerjakan di rumah adalah bisnis kuliner. Jika Anda memiliki hasrat dalam memasak atau membuat makanan yang lezat, mengapa tidak memulai usaha kuliner di rumah.

Anda bisa mulai dengan menyediakan makanan siap saji atau kue-kue homemade kekinian dan sehat. Jangan lupa untuk mempromosikan produk jualan Anda melalui berbagai sosial media.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan kekuatan teman, keluarga atau kerabat dengan memberikan mereka sample makanan gratis. Lalu mereka akan membantu memperluas promosi bisnis Anda dari mulut ke mulut.

 

2. Pembuatan Kerajinan Tangan

Ide usaha rumahan lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan membuat kerajinan tangan lalu menjualnya. Apalagi jika Anda memiliki keahlian dalam membuat kerajinan tangan.

Sekarang ini Anda bisa dengan mudah memasarkan hasil kerajinan tangan Anda yang cantik secara online. Baik melalui platform seperti Etsy atau menjualnya di platform online lainnya.

Asalkan kerajinan tangan yang Anda buat berkualitas dan memiliki banyak manfaat tidak hanya sekedar pajangan saja. Maka sudah pasti Anda akan jauh lebih mudah menjualnya dan mendapatkan pelanggan yang akan dengan setia membeli kerajinan tangan Anda.

 

3. Jasa Penulisan atau Penerjemahan

Ingin mulai usaha di rumah tapi bingung mau mulai darimana? Padahal tidak perlu bingung terutama jika Anda memiliki beberapa keahlian seperti menulis dan kemampuan dalam Bahasa Asing.

Karena Anda bisa membuka jasa penerjemah atau penulis lepas dengan mengerjakan proyek tertentu yang bisa Anda dapatkan dari situs freelancer.

Anda bisa bergabung di beberapa situs freelancer seperti fastwork, project.co.id dan freelancer.com dan masih banyak yang lainnya.

 

4. Jasa Perawatan Hewan Peliharaan

Mungkin tak pernah terpikir bagi Anda jika jasa perawatan hewan peliharaan memiliki banyak peminat. Nah, jika Anda memiliki kecintaan pada hewan peliharaan seperti kucing, anjing, kelinci dan lainnya.

Maka Anda bisa mencoba untuk membuka usaha penitipan dan pemeliharaan hewan peliharaan di rumah.

Tidak banyak yang harus Anda siapkan, karena Anda hanya harus menyiapkan tempat yang nyaman dan bersih di rumah.

 

5. Kursus atau Pelatihan Online

Ide usaha rumahan berikutnya adalah dengan membuka kursus atau pelatihan online dengan berbagai skill dan bidang. Seperti penulisan, fotografi, desain grafis, yoga bahkan memasak loh.

Tapi pastikan untuk memulai bisnis ini, Anda sudah memiliki skill di bidang tersebut ya. Setelah itu, Anda tinggal bergabung dengan platform untuk membuat dan membagikan kursus Anda, seperti Teachable dan Udemy.

 

6. Pengembangan Website atau Aplikasi

Untuk Anda yang memiliki keahlian dalam website atau aplikasi, maka ada peluang usaha yang sangat bagus untuk Anda. Yakni dengan membuka jasa pembuatan website dan aplikasi.

Pekerjaan ini bisa Anda jalankan di rumah saja dan bahkan tidak membutuhkan banyak modal awal untuk memulainya. Asalkan dengan catatan Anda sudah memiliki skill dan keahlian dalam bidang ini ya. Agar Anda bisa mendapatkan klien yang nantinya akan menjadi portofolio sehingga meningkatkan kredibilitas Anda.

Siapkan juga berbagai peralatan pendukung seperti PC dan jaringan internet super kencang untuk mendukung pekerjaan Anda.

 

7. Penjualan Produk Kecantikan atau Kesehatan

Industri kecantikan dan kesehatan memang terus berkembang dari waktu ke waktu. Dan ada banyak sekali produk yang bisa Anda jual melalui platform online.

Anda bisa menjadi reseller produk-produk kecantikan atau kesehatan yang populer dengan cara mengambil barang dari distributor lalu menjualnya kembali. Anda hanya perlu menyediakan tempat di rumah untuk menyimpan stock dan untuk packing barang jualan.

Jika Anda memiliki kemampuan untuk meracik produk sendiri, Anda juga bisa menciptakan produk Anda kecantikan atau kesehatan Anda sendiri. Ide bisnis satu ini cukup menjanjikan karena berkembang pesat dan memiliki target pasar yang luas.

 

8. Menjadi YouTuber atau Podcaster

Sekarang ini ada banyak sekali anak muda yang beralih menjadi YouTuber karena memang cukup menjanjikan. Jika Anda juga tertarik mendapatkan uang dari platform YouTube, maka pastikan jika Anda sudah menyediakan berbagai perlengkapan pendukung seperti PC untuk edit video hingga kamera untuk mengambil gambar.

Tak perlu ragu meski kemampuan editing Anda masih rendah karena Anda bisa belajar seiring dengan berjalannya waktu.

 

Jika digeluti dengan serius maka menjadi YouTuber bisa menjadi ide usaha rumahan yang menjanjikan loh. Karena Anda bisa memulai bisnis ini hanya dari rumah saja.


Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar